Find Us On Social Media :

Huawei Resmi Meluncurkan Smartphone HUAWEI nova 7 di Indonesia

By Cakrawala, Senin, 13 Juli 2020 | 20:00 WIB

Huawei resmi meluncurkan smartphone HUAWEI nova 7 di Indonesia. HUAWEI nova 7 diklasim sebagai smartphone kelas menengah

Huawei hari ini resmi meluncurkan smartphone barunya, HUAWEI nova 7, di Indonesia. Ditujukan untuk kelas menengah, Huawei mengklaim HUAWEI nova 7 merupakan smartphone kelas menengah "rasa" smartphone kelas flagship. Selain menggunakan desain bodi yang menyerupai smartphone kelas flagship, HUAWEI nova 7 juga memanfaatkan SoC yang mumpuni. SoC itu bahkan sudah mengintegrasikan modem 5G. Namun, di Indonesia, implementasi 5G tentunya belum dimulai.

“Seri HUAWEI nova telah dikenal dengan keunggulannya yang menggabungkan desain stylish serta performa mumpuni di kalangan anak muda. Walaupun termasuk kategori mid-range seri smartphone ini mampu membuktikan kualitasnya yang setara perangkat kategori flagship. Diluncurkannya HUAWEI nova 7 akan semakin menunjukkan kualitas dari inovasi teknologi Huawei yang dihadirkan pada setiap produk yang hadir di pasar.” ujar Lo Khing Seng (Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia).

HUAWEI nova 7 menggunakan SoC HiSilicon Kirin 985. SoC ini diposisikan di bawah HiSilicon Kirin 990 5G yang menajdi flagship. SoC HiSilicon Kirin 985 pada HUAWEI nova 7 mengandung CPU 8 core dengan konfigurasi single core Arm Cortex-A76 sampai 2,58 GHz, triple core Arm Cortex-A76 sampai 2,40 GHz, dan quad core Arm Cortex-A55 sampai 1,84 GHz. SoC HiSilicon Kirin 990 5G sendiri menggunakan kombinasi Arm Cortex-A76 dan Arm Cortex-A55, tetapi dengan konfigurasi yang lebih tinggi. GPU-nya sendiri, SoC HiSilicon Kirin 985 pada HUAWEI nova 7 memiliki GPU berupa Mali G77 dengan jumlah core delapan.

Adapun desainnya, bagian belakang HUAWEI nova 7 dibuat dengan kaca lengkung 3D. Bodi HUAWEI nova 7 pun dibuat tipis dengan ketebalan 7,96 mm dan dibuat ringan dengan bobot hanya 180 gr. Kombinasi itu membuat smartphone baru Huawei ini lebih nyaman digenggam.

Sementara, untuk memorinya, HUAWEI nova 7, mengutip dari situs Huawei Indonesia, memanfaatkan memori utama sebesar 8 GB dan media simpan sebanyak 256 GB. Ukuran layarnya adalah sebesar 6,53 inci dan memiliki resolusi 2.400 x 1.080 piksel serta mengunakan panel OLED. Layar tersebut juga diklaim mendukung color gamut DCI-P3. Seperti banyak smartphone masa kini, terdapat lubang kecil untuk menaruh kamera depan pada layar. Berhubung menggunakan OLED, Huawei juga meletakkan sensor sidik jari di bawah layar.

Kamera depan HUAWEI nova 7 memiliki resolusi 32 MP dan mendukung beautification dengan AI (artificial intelligence). Kamera depan itu juga bisa mengambil video dengan resolusi tinggi, Ultra HD 3.840 x 2.160 piksel yang populer disebut 4K; serta mendukung Super Night Selfie 3.0 untuk mengambil swafoto pada malam hari dengan lebih baik. Adapun kamera belakang dari HUAWEI nova 7 ada sebanyak empat. Keempatnya adalah kamera belakang utama dengan resolusi 64 MP, kamera ultralebar dengan resolusi 8 MP, kamera telefoto beresolusi 8 MP, dan kamera makro beresolusi 2 MP. Dengan kamera ultarlebar dan telefoto, kamera belakang HUAWEI nova 7 menawarkan sudut pandang sampai 120° dan zoom hibrida sampai 5x.

HUAWEI nova 7 menggunakan EMUI 10.1 yang berbasiskan sistem operasi Android 10. Toko aplikasi yang digunakan HUAWEI nova 7 adalah HUAWEI AppGallery dan Huawei menegaskan komitmennya untuk terus menambahkan aplikasi pada tokonya tersebut. Baterai HUAWEI nova 7 sendiri adalah berkapasitas 4.000 mAh. HUAWEI nova 7 juga mendukung HUAWEI SuperCharge yang bisa mengisi ulang baterai sampai kapasitas 75% dalam waktu 30 menit.

HUAWEI nova 7 dibanderol dengan harga Rp6.899.000. Pre-order HUAWEI nova 7 dimulai dari 15 Juli sampai 24 Juli 2020. Konsumen yang melakukan pre-order akan mendapatkan cashback sampai Rp750.000; bonus seharga Rp1.600.000 seperti HUAWEI Band 3e, casing, dan power bank 6.700 mAh; paket prabayar dari Indosat; dan penyimpanan cloud 15 GB. Terdapat juga promosi berupa cashback dari bank tertentu dan tentunya opsi cicilan 0% sampai 18 bulan dari bank tertentu juga. Adapun pilihan warna dari HUAWEI nova 7 adalah Space Silver dan Midsummer Purple.