Find Us On Social Media :

Hands-on Redmi 9: Desain Bodi Belakang-nya Beda Tapi Menarik

By Dayu Akbar, Selasa, 14 Juli 2020 | 22:21 WIB

Xiaomi secara resmi telah meluncurkan Redmi 9 untuk pasar Indonesia. Sebagai penerus dari Redmi 8, Redmi 8 ini menawarkan fitur lengkap dikelasnya dengan harga terjangkau. Unit penjualan Redmi 9 hadir dalam boks dengan dominasi warna putih. Didalamnya terdapat kelengkapan standar yang terdiri dari kabel USB tyoe-C, adaptor 10 watt, jelly case transparan, SIM ejector, dan beberapa panduan. Seperti seri Redmi lainnya, tidak terdapat earphone.

Redmi 9 tersedia dalam pilihan warna Carbon Grey, Ocean Green, dan Sunset Purple, dan unit yang kami tampilkan adalah warna Ocean Green dengan efek gradasi pada bagian belakang. Bodi belakang ini punya desain yang berbeda dengan Redmi 8 dan menggunakan lapisan dengan serat garis bertekstur anti-sidik jari.Di bagian belakang ini, Xiaomi merancang penempatan empat kamera utama dalam satu frame bersama dengan sensor sidik jari dengan posisi horisontal yang ditempatkan dalam satu bulatan. Disebelah kamera terdapat dua lampu kilat yang juga tersusun dalam satu frame dengan posisi sama.

Untuk konektivitas, bagian bawah terdapat 3.5mm headphone jack, lubang microfon, port USB type-C, dan speaker. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan Power, sisi kiri ada slot kartu yang bisa terpasang dua SIM dan satu microSD sekaligus. Kami menyukai ponsel Xiaomi yang sering menyertakan sensor infra merah di sisi atas. Sensor ini berguna sebagai remote control untuk perangkat elektronik lain, seperti TV sampai AC.Layarnya mengusung desain dengan kamera depan berbentuk dot drop. Ukuran layarnya 6,53 inci serta resolusi FHD+ (2340x1080p). Dengan panel yang sudah terlindung Gorilla Glass 3, layarnya tidak menambahkan lagi screen protector. Dot drop yang merupakan tempat dari kamera depan memiliki 8MP kamera selfie yang sekaligus dapat digunakan untuk face unlock.

Di sisi kinerja, Redmi 9 membawa System on Chip (SoC) MediaTek Helio G80, memberikan performa yang jauh lebih baik hingga 107% dibandingkan Redmi 8. SoC ini didukung dengan baterai berkapasitas besar 5020mAh (typ) dan fast charging 18W, membuat Redmi 9 memiliki kinerja dan daya tahan baterai yang mumpuni untuk mendukung pengguna saat bekerja, menonton video, berselancar di media sosial ataupun bermain game sehari-hari. Saat pertama kali kami periksa, Redmi 9 hadir dengan sistem operasi Android 10 yang dibalut dengan MIUI Global 11.0.4. User interface ini memang masih menyertakan beberapa bloatware namun disusun dalam satu folder sehingga tidak terlihat penuh sesak. Untungnya beberapa bloatware ini masih bisa dihapus (uninstal) jika Anda tidak menyukainya.Sebagai seri terakhir dari anggota keluarga terbaru Geng Jawara Xiaomi yang menyasar segmen low-to-mid end, Redmi 9 hadir dalam dua pilihan kapasitas RAM dan storage yaitu 3GB+32GB dan 4GB+64GB, ditawarkan masing-masing dengan harga perkenalan Rp1.749.000 dan Rp1.949.000.