Find Us On Social Media :

Lenovo ThinkStation P620, WS Pertama dengan Ryzen Threadripper PRO

By Dayu Akbar, Rabu, 15 Juli 2020 | 10:00 WIB

Bersamaan dengan diluncurkannya prosesor AMD untuk segmen bisnis yaitu AMD Ryzen Threadripper PRO, Lenovo juga mengumumkan perangkat workstation (WS) terbarunya yaitu ThinkStation P620 yang dipersenjatai dengan prosesor tersebut.Ditujukan untuk segmen pengguna profesional, ThinkStation P620 dipersenjatai dengan Threadripper Pro 3995WX dan menjadikannya sebagai sistem workstation PRO 64-core pertama di dunia. Lenovo juga menyebutkan bahwa ThinkStation P620 ini menawarkan tingkat daya, performa, dan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dalam satu chasis CPU tunggal. Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO sendiri dibangun dengan tujuan untuk menetapkan standar baru industri performa komputasi workstation profesional.“Dengan memanfaatkan Prosesor AMD Threadripper PRO untuk workstation terbaru kami, ThinkStation P620 memberi solusi cerdas bagi pengguna untuk menciptakan model yang kompleks, render image foto realistis atau menganalisa interpretasi geofisika dan seismic namun tetap memberikan fitur keamanan dan skalabilitas yang penting untuk memastikan keamanan dan pengoperasian yang efektif untuk pengguna profesional kami," kata Rob Herman, General Manager, Workstation and Client AI Business Unit, Lenovo. Hal ini jelaskan pula oleh AMD bahwa Ryzen Threadripper PRO terbaru menawarkan performa ekstrem dengan kecepatan hingga 4,0GHz, 128 lanes PCIe 4.0 bandwidth dan memori pendukung 8-channel. Untuk kartu grafisnya, Lenovo memberikan opsi hingga 4 GPU high-end atau 2 GPU ultra-high-end dari NVIDIA seri Quadro RTX.

Slot memori RAM-nya terdiri dari 8 slot yang mendukung hingga kecepatan 3200 MHz dengan kapasitas maksimal hingga 512 GB. Storage-nya menyediakan 4 ruang untuk HDD 3.5 inci, 6 konektor SATA untuk HDD dan SSD, 2 slot PCI2 M.2, serta satu konektor eSATA.Sedangkan fitur keamanan yang diadopsinya diklaim sebagai yang terbaik dengan hadirnya AMD Secure Processor dan AMD Memory Guard. Dua fitur ini merupakan sistem keamanan canggih dengan silicon-level yang ditawarkan oleh AMD Ryzen Threadripper PRO.

AMD Secure Processor merupakan fitur yang bertugas melakukan validasi pada kode sebelum diteruskan, guna membantu memastikan integritas data dan aplikasi. Sedangkan AMD Memory Guard memungkinkan enkripsi memori secara menyeluruh guna membantu menjaga data sensitif dari serangan fisik tinggi saat PC hilang atau dicuri. Lenovo ThinkStation P620 dengan Threadripper Pro 3995WX ini baru akan tersedia pada musim gugur tahun atau sekitar bulan September 2020 mendatang.