Find Us On Social Media :

Hands-on Nokia 5.3: Desain dan Fiturnya Minimalis, Tapi Ada NFC

By Dayu Akbar, Kamis, 16 Juli 2020 | 12:00 WIB

HMD Global secara resmi memboyong Nokia 5.3 ke Indonesia akhir Juni lalu. Smartphone yang bidik segmen kelas menengah ke bawah ini jadi perangkat pertama mereka di Indonesia yang mengusung konfigurasi Quad (empat) camera dengan dukungan Snapdragon 665. Kotak penjualannya masih mengusung dimensi yang mirip dengan seri-seri sebelumnya yaitu lebar dan tipis. Didalamnya terdapat kelengkapan seperti adaptor 10W dengan daya 100-240V, kabel USB type-C, jelly case transparan, earphone, SIM ejector, dan beberapa buku manual. Menariknya, penjualan ini juga menyertakan kartu SIM Telkomsel dengan paket internet 30GB.

Untuk unitnya, kami mendapat warna hitam atau yang disebut Nokia dengan Charcoal. Sedangkan pilihan warna lain yang tersedia di pasaran adalah Cyan. Desain dan warna bagian belakang ini memang terlihat sederhana dan minimalis, berbeda dengan smartphone kelas menengah yang saat ini hadir dengan berbagai pilihan warna mencolok atau dengan lapisan glossy yang mengkilap. Untuk lapisan bodi belakang Nokia 5.3 ini menggunakan bahan doff yang memiliki guratan garis halus. Tiap sudut memiliki lengkungan yang membuatnya terlihat tidak kaku dan ergonomis.

Di bagian belakang ini, terdapat empat kamera dengan resolusi masing-masing 13MP kamera utama, 5MP ultrawide, 2MP marco, dan 2MP depth-sensor. Quad camera ini tersusun dalam modul berbentuk bulat dengan lampu kilat di bagian tengahnya. Desain ini terbilang unik dan berbeda dengan desain kebanyak smartphone sehingga membuatnya lebih mudah dikenali. Posisi sensor sidik jari ada di bawah modul bulatan kamera dan bergeser ke bawah lagi terdapat tulisan Nokia. Tidak ketinggalan fitur menarik di Nokia 5.3 ini adalah hadirnya NFC.

Bagian depan terdapat layar berukuran 6,55 inci dengan resolusi HD+ serta aspect ratio 20:9. Usung desain yang disebut teardrop dimana bagian atasnya terdapat kamera selfie yang punya resolusi 8 MP. Bezel kiri dan kanan lebih tipis dibanding bagian atas dan bawah. Bagian atas karena terdapat kamera dan speaker sedangkan bezel bawah tersemat tulisan Nokia berukuran kecil.Pada sisi kiri terdapat slot kartu yang mendukung hingga 2 kartu SIM dan satu kartu microSD. Dibawahnya terdapat tombol instan untuk fungsi Google Assistant yang memudahkan untuk terhubung dengan asisten favorit. Sedangkan sisi kanannya standar, ada tombol Volume dan Power yang juga dilengkapi dengan lampu notifikasi LED. Untuk sisi bawah, terdapat lubang mikropon, port USB tipe C dan speaker. Untuk jack audio 3.5 mm di tempatkan di sisi atas.

Seperti seri Nokia lainnya, Nokia 5.3 menggunakan sistem operasi Android 10 murni dengan user interface Android One yang sederhana tanpa banyak bloatware. Selain lebih ringan dan bakal lebih dulu mendapat pembaruan ke Android 11, keunggulan lainnya adalah dukungan pembaruan keamanan berkala dan peningkatan yang lebih cepat.Nokia 5.3 yang dipersenjatai dengan Snapdragon 665, RAM 6 GB, media simpan 64 GB, serta baterai dengan kapasitas 4000 mAh, dibanderol dengan harga Rp2.999.000