Find Us On Social Media :

Menurut Canalys, Xiaomi Berhasil Pimpin Pasar TWS di Indonesia

By Cakrawala, Jumat, 17 Juli 2020 | 14:00 WIB

Xiaomi baru saja menyampaikan keberhasilannya menjadi pemimpin pasar TWS (true wireless stereo) di tanah air, antara lain berkat produknya seperti Mi True Wireless Earbuds Basic.

Xiaomi baru saja menyampaikan hasil riset Canalys yang menyatakan perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan internet of things itu, berhasil menjadi pemimpin pasar TWS (true wireless stereo) di tanah air. Keberhasilan Xiaomi mendapatkan pangsa pasar TWS terbesar di Indonesia diyakini Xiaomi berkat strateginya yang "Smartphone+AIoT" sejak tahun 2019 lalu.

Headset maupun headphone true wireless, termasuk true wireless stereo, belakangan memang sedang naik daun di Indonesia. Berbagai produsen elektronik pun ramai-ramai menawarkan perangkat true wireless ini. Canalys menyebutkan pula bahwa perangkat audio pintar pribadi mengalami pertumbuhan pesat di Asia Pasifik dan TWS menjadi pendorong utamanya.

Menurut Canalys, berdasarkan hasil riset yang dilakukan pada bulan Mei 2020, terdapat tiga merek yang mendominasi pasar TWS di negara-negara Asia Tenggara. Ketiga merek tersebut adalah Apple, Samsung, dan Xiaomi. Khusus di Indonesia, Xiaomi menjadi nomor wahid dengan pangsa pasar sebesar 44,2%. Sementara, pada urutan kedua terdapat Samsung dengan 23,9% dan pada urutan ketiga terdapat Apple dengan 6,8%.

Besarnya pertumbuhan pengapalan perangkat audio pintar pribadi di Asia Pasifik sendiri adalah sebanyak 61% pada kuartal pertama tahun 2020 dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun ini, terdapat 16 juta unit perangkat audio pintar pribadi yang dikapalkan di Asia Pasifik.

Canalys pun memprediksikan peningkatan pengapalan perangkat audio pintar pribadi pada tahun 2020 di Asia Pasifik akan mencapai 23,6% dibandingkan tahun lalu. Jumlahnya sendiri diperkirakan mencapai 76 juta unit. Adapun porsi dari TWS diprediksikan akan sebesar 44%. Besarnya porsi dari TWS tersebut dipercaya berkat tawaran produk dengan rentang harga yang beragam, mulai dari yang entry-level sampai high-end.