Find Us On Social Media :

ASUS Umumkan Kehadirkan ROG Phone 3, Ini Spesifikasi dan Harganya

By Dayu Akbar, Kamis, 23 Juli 2020 | 09:23 WIB

Co-CEO ASUS, S.Y Hsu, pada peluncurkan ASUS ROG Phone 3

Melalui acara streaming yang berlangsung tadi malam (22/07), ASUS secara resmi meluncurkan smartphone gaming terbarunya yaitu seri ROG Phone 3. Seperti yang diberitakan sebelumnya, smartphone gaming ini jadi yang pertama di dunia menggunakan SoC (System on Chip) paling kencang saat ini yaitu Snapdragon 865 Plus 5G.SoC flagship ini dengan dukungan jaringan 5G ini memiliki komposisi CPU Kryo 585 Prime dengan clock speed hingga 3.1 GHz yang menawarkan peningkatan 10% dari Snapdragon 865. Untuk GPU-nya menggunakan Adreno 650 yang menawarkan render grafis hingga 10% lebih cepat. Guna menopang performanya, ROG Phone 3 dilengkapi pula dengan fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, pengalaman AI yang intuitif, dan game tingkat desktop dengan grafis ultra-realistis. Performa tinggi yang rentan panas juga diantisipasi dengan desain yang sedikit mengalami perubahan. Diantaranya merancang ulang 3D Vapor Chamber dan menyematkan tembaga pendingin di bagian dalam yang memiliki ukuran 6x lebih besar dibanding ROG Phone 2.

Bodi bagian belakangnya juga terdapat lubang angin untuk sirkulasi suhu panas. Tidak hanya itu, paket penjualannya juga menyertakan pendingin terpisah yang diberi nama Aeroactive Cooler 3 yang mampu mendinginkan suhu hingga 4 derajat celcius lebih rendah.Sama seperti sebelumnya, untuk performa lebih maksimal disertakan fitur X Mode yang menunjang pengalaman dalam bermain game. Dengan mengaktifkan fitur ini, frekuensi CPU dan GPU akan dinaikkan secara otomatis. Disinilah sistem pendingin ekstra dibutuhkan saat performa tinggi. X Mode juga dapat memberikan peningkatan refresh rate tampilan, peningkatan sensitivitas sentuh, dan koneksi jaringan yang cepat.ASUS ROG Phone 3 ini hadir dalam beberapa kombinasi RAM dan ROM (penyimpanan internal). Diantaranya menggunakan RAM 12 GB dan penyimpanan internal dengan pilihan kapasitas 128 GB dan 512 GB, serta pilihan RAM 16 GB dan penyimpanan 512 GB. Namun ASUS menyebutkan bahwa pilihan konfigurasi ini disebutkan bakal berbeda di tiap negara.Layarnya menggunakan panel Super AMOLED yang memiliki refresh rate 144 Hz, response time 1 ms, 10-bit HDR, touch-sampling rate 270Hz, touch latency 25ms, slide 18ms, serta delta E yang kurang dari satu. Kombinasi tersebut membuat tampilan layar jadi makin tajam serta pergerakan cepat yang terlihat makin mulus. Untuk ukuran layarnya sebesar 6,59 inci dengan resolusi full HD+.Sebagai penopang daya disematkan baterai berukuran besar yaitu 6000 mAh yang mendukung pengisian cepat 30 watt dan reverse charging 10 watt, sama dengan ROG Phone 2. Beberapa fitur gaming unggulan lain termasuk hadirnya dua speaker yang menghadap ke depan yang di-tunning oleh Dirac. ASUS menghilang jack audio 3.5 mm dan menggantinya menggunakan koneksi USB type-C.

Sistem AirTrigger 3 yang intuitif sekarang mencakup sensor gerak sebagai tambahan terhadap sensor sentuh ultrasonik yang dapat diprogram, sehingga memberikan lebih banyak cara kepada gamer untuk mengendalikan aksi.Menariknya, meski bidik gamer, ASUS ternyata juga menambahkan kemampuan kameranya. Bagian belakang disematkan tiga kamera dengan resolusi 64 MP sensor sony IMX686 untuk kamera utama, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP. Sedangkan kamera depannya punya resolusi 24 MP.

Pada peluncuran tersebut, ASUS mengumumkan bahwa harga resmi ROG Phone 3 versi RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB seharga 1.099 euro atau sekitar Rp18,6 juta. Sedangkan untuk versi RAM 12 GB dan ROM 512 GB adalah 999 euro atau sekitar Rp16,9 juta.

Selain itu, ASUS juga mengumumkan kehadirkan ROG Phone 3 versi murah yaitu Strix Edition. Perbedaannya, SoC yang digunakan yaitu Snapdragon 865, RAM 8 GB, dan ROM 256 GB yang dibanderol dengan harga 799 euro atau sekitar Rp13,5 juta.