Find Us On Social Media :

Persiapkan Karyawan Kembali ke Kantor, Siemens Implementasikan Comfy

By Liana Threestayanti, Selasa, 28 Juli 2020 | 10:45 WIB

Siemens mempersiapkan karaywannya kembali beraktivitas di kantor dengan mengimplementasikan aplikasi workplace Comfy.

Menyambut era adaptasi dengan kebiasaan baru (new normal), Siemens mempersiapkan karaywannya kembali beraktivitas di kantor dengan mengimplementasikan aplikasi workplace Comfy. 

Siemens mengimplementasikan solusi workplace experience Comfy di kantor-kantornya di seluruh dunia yang ditargetkan mencapai 600 lokasi hingga bulan Oktober ini. Langkah ini diambil untuk mendukung program kembali bekerja secara aman bagi para pegawai di masa pandemi. Implementasi ini sekaligus  menyiapkan fondasi bagi cara kerja yang lebih lincah dan berorientasi masa depan.

Aplikasi Comfy mengkoneksikan karyawan dengan lingkungan kantornya dengan menggabungkan lokasi, pemakaian, dan data smart building dengan berbagai permintaan karyawan. Aplikasi ini akan diakses oleh lebih dari 100.000 karyawan Siemens yang ada di 30 negara.

Di fase pertama implementasi dan deployment, aplikasi dalam versi yang lebih sederhana akan memberikan informasi terpenting tentang lokasi kantor tiap karyawan. Informasi itu mencakup update tentang COVID-19 di lokasi tersebut dan informasi umum, serta informasi tentang protokol kesehatan.

Situasi pandemi meningkatkan kebutuhan akan tool digital, dan pada saat yang sama ada kebutuhan ruang untuk kolaborasi antarkaryawan. Karyawan dapat melakukan presensi dan memperoleh informasi  tentang situasi kantor sehingga karyawan dapat membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana dan kapan mereka dapat kembali ke tempat kerja dengan aman. Aplikasi juga dapat menginformasikan batas okupansi harian sehingga kantor-kantor Siemens tetap mematuhi aturan lokal tentang kembali bekerja sesuai jarak fisik yang aman.

 “Prioritas kami adalah melindungi karyawan sehingga mereka dapat kembali bekerja dengan rasa aman dan percaya diri di mana pun mereka berada. Dengan menggunakan teknologi smart office, kita membentuk kembali cara kita bekerja,” ungkap Roland Busch, Wakil CEO dan anggota Managing Board Siemens AG. “Aplikasi Comfy mendukung model bekerja baru yaitu secara mobile, memungkinkan pegawai untuk merencanakan dengan lebih baik apabila mereka memilih untuk bekerja dari kantor,” imbuhnya.

Di fase kedua penggelaran aplikasi, akan lebih banyak kapabilitas diperoleh karyawan Siemens dari rangkaian fitur Comfy. Misalnya, karyawan dapat memesan ruangan dan meja tertentu, menyusuri kantor dan kampus menggunakan peta, mencari lokasi rekan kerja dan menyesuaikan suhu dan tingkat pencahayaan untuk memastikan kenyamanan. Selain itu, akan ada opsi untuk menggelar jaringan sensor IoT dari dari Enlighted Inc. yang juga dimiliki oleh Siemens. Ketika sensor-sensor itu terintegrasi dengan Comfy, karyawan dapat melihat okupansi meja, ruangan, dan kantor secara real time.

Sebagai aplikasi yang dikembangkan untuk para karyawan, Comfy memungkinkan perusahaan untuk membuat karyawan dapat selalu memperoleh informasi dan tetap produktif. Di sisi lain, aplikasi juga memungkinkan tersedianya ruang kerja yang aman dan mematuhi aturan yang ada. Comfy, dari Siemens, mendukung perusahaan untuk mengembangkan tempat kerja yang lebih cerdas dan lebih personal untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada karyawan. Comfy Insights menawarkan kepada perusahaan dasbor analitik untuk lebih memahami bagaimana kantor digunakan, menginformasikan strategi yang lebih cerdas dan digerakkan oleh data untuk tempat kerja masa depan.