Find Us On Social Media :

Tantang Penggunanya, TikTok Gelar Kompetisi Berbagi Pengetahuan

By Indah PM, Sabtu, 1 Agustus 2020 | 12:00 WIB

TikTok

TikTok, platform distribusi video singkat, menantang para penggunanya, termasuk dari kalangan profesional, untuk membagi pengetahuan dan ilmunya melalui video singkat dengan cara yang kreatif.

Riset berjudul What You Watched in a Day mengungkapkan bahwa dua alasan terbesar mengonsumsi video singkat adalah untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri.

Hasil riset ini sejalan dengan tren konten yang ada di TikTok, di mana konten edukasi menjadi salah satu dari konten paling populer di aplikasi sejak akhir tahun lalu.

Tren ini pun semakin berkembang dengan diluncurkannya program #SamaSamaBelajar pada bulan Mei lalu, dan hingga kini telah mendapatkan 16,2 miliar views.

Untuk memperkaya konten edukasi di aplikasi, TikTok mengadakan kompetisi #BerbagiIlmu yang mendapat antusiasme yang cukup besar.

Melihat sambutan positif ini, TikTok kembali mengadakan kompetisi serupa bertajuk #BerbagiSkill dan dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta di bulan Agustus.

Indra Aziz, pelatih vokal profesional, mengakui bahwa format interaktif dengan durasi yang singkat mampu memberikan wadah baginya untuk terkoneksi dengan generasi muda yang gemar berkreasi dan juga membutuhkan informasi yang ringkas.

“Selama puluhan tahun saya mengajar vokal, semakin muda generasinya memang semakin tidak ingin mendengar terlalu banyak teori. Mereka lebih senang yang to-the-point dan langsung terjun mencobanya,” kata Indra.

“Video tutorial yang saya bagi di TikTok pun mendapatkan banyak respon duet dari pengguna lainnya, yang menunjukkan bagaimana mereka langsung mempraktikkan tips yang saya berikan, seperti mengenai beatboxing dan pernapasan vokal,” jelas Indra.

Baca Juga: TikTok Bakal Bagi-bagi Rp2,9 Triliun untuk Kreator Konten, Ini Caranya

Sementara itu, Jason Iskandar, sutradara film singkat pemenang penghargaan dan juga pendiri Studio Antelope, melihat potensi video singkat sebagai bentuk kreativitas baru di industri film.

“Cukup banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun ke dunia film sebagai orang di balik layar, tapi belum tahu harus mulai dari mana, seperti berbagai komentar yang saya terima di videk TikTok saya saya,” kata Jason.

“Tidak menutup kemungkinan format video singkat nantinya bisa menjadi format karya film baru, yang bisa membantu mengasah kemampuan mereka untuk memproduksi atau menyutradarai film berdurasi panjang ke depannya," ujar Jason.

Melalui kompetisi #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat membagikan video tentang  pengetahuan umum seputar profesinya, seperti yang dilakukan Indra Aziz dan Jason Iskandar,  atau konten seputar motivasi, bisnis, dan fakta menarik.

Sedangkan di #BerbagiSkill, semua pengguna berkesempatan untuk berbagi tips dan tutorial DIY dan life hack sehari-hari. 

“Sebagai platform yang inklusif, siapa pun berkesempatan untuk berbagi kemampuan dan keahliannya di TikTok, dan menginspirasi pengguna lain untuk belajar dan bahkan ikut berbagi pengetahuan mereka,” kata Angga Anugrah Putra (Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia).

Untuk mengikuti kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat mengunggah konten berdurasi 15-60 detik tentang tips dan tutorial, lifehack, dan sains teknologi untuk #BerbagiSkill, atau pun pengetahuan umum, motivasi, bisnis, atau fakta menarik untuk #BerbagiFakta.

Pengguna disarankan untuk memanfaatkan berbagai fitur di TikTok, serta menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #BerbagiSkill atau #BerbagiFakta. Kompetisi #BerbagiFakta akan dibuka pada tanggal 11 Agustus hingga 28 Agustus 2020.

Terdapat total hadiah senilai Rp150 juta masing-masing untuk pemenang kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta dan juga beberapa hadiah menarik lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Lindungi Data Privasi di TikTok Biar Tidak Dicuri