Find Us On Social Media :

Oracle: Situasi Pandemi Mendorong Munculnya Generasi Pekerja Baru

By Rafki Fachrizal, Senin, 3 Agustus 2020 | 12:15 WIB

Ilustrasi Work From Home (WFH)

Lockdown (karantina wilayah) yang terjadi di seluruh dunia akibat dari pandemi Covid-19, telah memaksa hampir banyak pekerja untuk bekerja secara remote atau work from home (WFH).

Karena hal tersebut, para pekerja ini seakan membuat generasi pekerja baru yang disebut sebagai Generasi R.

Dalam virtual media briefing yang digelar beberapa waktu lalu, Iman Muhammad selaku Head of Applications Oracle Indonesia, mengatakan bahwa generasi R merupakan generasi para pekerja yang mampu bekerja kapan saja dan di mana saja.

“Generasi ini adalah generasi yang sedang mengembangkan keterampilan baru, merangkul paradigma baru dan telah menyesuaikan kembali pandangan dunia mereka. Mereka telah meninggalkan cara berpikir lama mereka dan telah mengembangkan sudut pandang baru,” terang Iman.

Menurut Iman, Generasi R merasa jauh lebih terkendali, lebih tangguh dan lebih nyaman dengan ambiguitas.

“Mereka bersiap untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya dan sedang mencari cara baru untuk mencapai produktivitas, keseimbangan dan tujuan,” cetus Iman.

Dilanjutkan Iman, munculnya Generasi R yang memiliki model kontrak yang fleksibel bersama dengan pemasok/vendor, pelanggan dan karyawan maka dibutuhkan infrastruktur yang tangguh.

Menurutnya, memiliki bisnis dengan infrastruktur yang tangguh berarti memiliki kemampuan dan sistem untuk melihat ke depan, menatap masa depan dan yang paling penting, menyesuaikannya dengan keadaan.

Dalam pemaparannya, Iman sendiri mengungkapkan bahwa hanya sedikit pihak yang dapat meramalkan kapan berakhirnya wabah yang terjadi saat ini.

Tetapi dengan data terintegrasi dan proses bisnis otomatis di cloud, ia yakin bahwa pelaku bisnis dapat bersiap diri untuk penghalang dan menghadapi tantangan besar berikutnya.

“Karyawan Generasi R hari ini mengharapkan lebih dari atasan mereka sebelumnya. Perusahaan dan organisasi yang berhasil memberikan pengalaman karyawan yang luar biasa dapat melihat hasilnya dalam bentuk kinerja, produktivitas dan laba yang lebih baik,” papar Iman.

Dalam kesempatan yang sama, Iman mengatakan bahwa Oracle telah memiliki memiliki solusi yang dapat membantu bisnis untuk menghadapi situasi pandemi saat ini, seperti Oracle Digital Assistant dan Oracle Fusion Cloud HCM.

“Oracle Digital Assistant siap memandu pengguna untuk memudahkan dalam mendapat jawaban untuk mendapat peluang di pasar dan memunculkan kegembiraan dan minat dalam mobilitas dan pembelajaran ke tingkat atas, serta Oracle Fusion Cloud HCM dapat memberikan solusi inovatif yang mudah digunakan untuk dampak dan pertumbuhan perushaaan sejak di hari pertama penggunaan," pungkas Iman.