Find Us On Social Media :

Facebook Dukung Perempuan Wirausaha melalui Program Literasi Keuangan

By Indah PM, Senin, 3 Agustus 2020 | 19:00 WIB

Ilustrasi Facebook

Facebook, bekerja sama dengan Pahlawan Ekonomi, meluncurkan dan memperkenalkan program Literasi Keuangan sebagai bagian dari program #SheMeansBusiness kepada lebih dari 300 perempuan wirausaha di Surabaya, akhir Juli lalu.

Adapun program #SheMeansBusiness merupakan komitmen jangka panjang dari Facebook untuk mendukung perempuan wirausaha dalam menjajaki ekonomi digital melalui serangkaian pelatihan kemampuan teknis di bidang digital.

Menurut Walikota Surabaya Tri Rismaharini, masih banyak komunitas Ibu–Ibu Pahlawan Ekonomi (Usaha Mikro, Kecil, Menengah – UMKM) yang membutuhkan akses terhadap layanan keuangan, walaupun produk sudah layak dan sudah pula ditunjang dengan pemasaran digital.

“Saya mendukung inisiatif Facebook untuk mengembangkan program #SheMeansBusiness dengan menambahkan aspek literasi keuangan. Saya bersyukur melihat Facebook yang terus mengembangkan kerjasama dengan Pahlawan Ekonomi untuk memberdayakan perempuan–perempuan Surabaya menjadi wirausaha tangguh dan dapat menghidupkan mesin ekonomi dalam keluarga masing–masing,” lanjut Risma.

Kurikulum literasi keuangan dalam program #SheMeansBusiness ini didesain untuk mendukung kelangsungan bisnis para perempuan wirausaha, terutama di dalam situasi dan tantangan pada masa ini.

Kurikulum ini terdiri dari sepuluh modul yang membahas tentang manajemen bisnis, dilengkapi dengan studi kasus dan lembar kerja. Modul tersebut meliputi: Tujuan Keuangan, Kesehatan Keuangan Pribadi, Kesehatan Keuangan Bisnis, Catatan Keuangan, Laporan Keuangan, Biaya & Harga, Rencana Bisnis, Pendanaan Bisnis, Jasa Keuangan, dan Manajemen Krisis.

"Kami sangat senang dapat melanjutkan program ini bersama dengan Pahlawan Ekonomi,” kata Pieter Lydian (Country Director untuk Facebook di Indonesia).

Pelatihan literasi keuangan dari program #SheMeansBusiness akan dilakukan melalui webinar menggunakan modul-modul tersebut, dan bimbingan kelompok sebagai tindak lanjut dan pendampingan setelah mengikut webinar. Bagi yang tertarik, modul pelatihan tersedia untuk  umum dan dapat diakses melalui: https://www.facebook.com/business/shemeansbusiness/id.