Find Us On Social Media :

Terra Drone Demonstrasikan Manajemen Vegetasi Jalur Transmisi Listrik

By Cakrawala, Selasa, 4 Agustus 2020 | 22:30 WIB

Terra Drone Indonesia mengumumkan telah kembali melakukan demonstrasi manajemen vegatasi pada jalur transmisi listrik PLN menggunakan drone.

Terra Drone Indonesia belum lama ini mengumumkan telah kembali melakukan demonstrasi manajemen vegatasi pada jalur transmisi listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara) menggunakan drone. Demonstrasi yang dilakukan ditujukan untuk Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah dari PLN. Melalui demonstrasi tersebut, Terra Drone Indonesia menunjukkan bahwa solusi yang ditawarkannya lebih efisien dan aman dibandingkan solusi yang biasa digunakan oleh PLN. Pasalnya, solusi yang ditawarkan Terra Drone Indonesia meminimalkan kedekatan manusia seara langsung dengan jalur transmisi listrik bertegangan tinggi.

Saat ini, PLN umumnya melakukan manajemen vegetasi dengan mengirimkan personelnya untuk menyusuri jalur transmisi listriknya. Hal tersebut membutuhkan waktu cukup lama dalam pengerjaannya. Selain itu, solusi seperti ini bisa membahayakan sang personel karena berdekatan langsung dengan jalur listrik bertegangan tinggi. Listrik bertegangan tinggi bukan hanya berbahaya bila tersentuh melainkan juga berbahaya bila berada dekat dengannya dalam waktu yang tidak sebentar.

Dengan menggunakan drone, solusi Terra Drone Indonesia bisa melakukan manajemen vegetasi dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, pemanfaatan drone juga membuat personel yang terlibat tidak perlu untuk berada dalam jarak yang dekat dengan jalur transmisi listrik, tentunya relatif terhadap solusi yang umum digunakan PLN. Data yang dihasilkan oleh solusi Terra Drone Indonesia yang menggunakan drone tersebut juga diklaim lebih terperinci.

Adapun jenis drone yang dimanfaatkan Terra Drone Indonesia dalam mendemonstrasikan manajemen vegatasi bersangkutan adalah yang fixed wing. Terra Drone Indonesia menyebutkan drone jenis fixed wing memiliki keunggulan dibandingkan yang multirotor dalam hal produktivitas pengambilan data.

Sebelum demonstrasi manajemen vegatasi pada jalur transmisi listrik PLN terbaru ini, Terra Drone Indonesia sebelumnya telah melaksanakan demonstrasi serupa untuk PLN di tempat lain. Terra Drone Indonesia misalnya sudah melakukan demonstrasi untuk Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali dari PLN.