Find Us On Social Media :

IDC Memprediksikan Pasar AI Bertumbuh Signifikan pada Tahun 2020 Ini

By Cakrawala, Rabu, 5 Agustus 2020 | 22:00 WIB

Ilustrasi artificial intelligence

IDC kemarin menyampaikan prediksinya akan pasar AI (artificial intelligence) secara global untuk tahun 2020. IDC meyakini bahwa pasar AI dunia akan bertumbuh signifikan pada tahun ini, meskipun terdapat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat sekarang, setidaknya di beberapa belahan dunia. Memang besarnya pertumbuhan yang diperkirakan oleh IDC untuk pasar AI pada tahun 2020 lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi angkanya tetap melebihi 10%. Pasalnya AI merupakan salah satu inisiatif terdepan dari transformasi digital banyak organisasi. Bahkan, IDC meyakini bahwa investasi pada AI akan pulih dalam waktu yang singkat.

"Peran aplikasi AI pada perusahaan berevolusi secara cepat. Aplikasi tersebut mentransformasi bagaimana konsumen Anda membeli, supplier Anda menghantarkan, dan kompetitor Anda berkompetisi. Aplikasi AI terus-menerus berada di garis depan dari inisiatif transformasi digital, menggerakkan baik inovasi maupun peningkatan terhadap operasi bisnis," ujar Ritu Jyoti (Program Vice President, Artificial Intelligence Research, IDC).

Adapun besarnya pertumbuhan pasar AI secara global pada tahun 2020 diperkirakan IDC sekitar 12,3% dibandingkan tahun 2019 lalu. Besarnya pasar AI dunia itu diprediksi akan mencapai US$156,5 miliar pada tahun 2020. IDC pun meyakini besarnya pasar tersebut akan melebihi US$300 miliar pada tahun 2024 dengan CAGR (compound annual growth rate) sebesar 17,1% dari tahun 2019 sampai tahun 2024.

Software diduga akan menjadi segmen dengan porsi terbesar. IDC memprediksikan software akan menghantarkan sekitar 80% dari revenue AI pada tahun ini. Sebagian besar dari revenue yang dihasilkan segmen software berasal dari aplikasi AI. Aplikasi AI diprediksi menyumbang sekitar 96,17% dari revenue yang dihasilkan oleh software. Sementara, sisa revenue yang dihasilkan software berasal dari platform software AI.

Adapun dua bagian terbesar dari aplikasi AI adalah aplikasi AI CRM (customer relationship management) dan aplikasi AI ERM (enterprise risk management). Kedua bagian tersebut memiliki porsi 20% dan 17% pada pasar aplikasi AI. Ke depannya, aplikasi AI CRM diprediksi akan menjadi terus yang menjadi terbesar, baik dari sisi ukuran maupun pertumbuhan.

Adapun dari sisi vendor, Adobe yang menjadi pemuncak pada aplikasi AI CRM. Sementara, Ceridian yang menjadi pemuncak pada aplikasi AI ERM.