Find Us On Social Media :

ASEAN Online Sale Day, Shopee Dukung UMKM Tembus Pasar Internasional

By Indah PM, Rabu, 5 Agustus 2020 | 11:00 WIB

Dukung UMKM tembus pasar internasional, Shopee turut berpartisipasi di ASEAN Online Sale Day 2020.

Situasi pandemi saat ini memberikan dampak yang signifikan terhadap roda perputaran ekonomi di banyak negara, tidak terkecuali kepada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Aktivitas ekonomi secara offline perlahan makin menurun, sehingga mendorong para pelaku UMKM untuk mengoptimalkan ranah online.

Sebagai salah satu upaya dalam mendorong ekspor nasional dan membantu para pelaku UMKM di tengah situasi pandemi, Shopee turut berpartisipasi dalam kampanye ASEAN Online Sale Day yang digagas olehAssociation of Southeast Asian Nations (ASEAN), serentak pada 8 Agustus 2020 mendatang.

Keterlibatan Shopee di ASEAN Online Sale Day tahun ini adalah upaya dalam mendukung pertumbuhan ekspor nasional, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19. 

Hadirnya ASEAN Online Sale Day (ASOD) 2020 di aplikasi Shopee ini juga diinisiasi sebagai wadah bagi para pelaku usaha dan UMKM untuk memasarkan produk-produk lokal unggulan tidak hanya ke pasar domestik, tapi juga mancanegara.

Radityo Triatmojo (Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia) mengatakan, Shopee turut mendukung kampanye ASEAN Online Sale Day yang juga akan ada di aplikasi Shopee.

"Partisipasi Shopee dalam kampanye ASEAN Online Sale Day ini juga diharapkan membantu para pelaku UMKM binaan kami dalam pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk-produk lokal unggulnya," ujar Radityo.

Radityo berharap para pelaku usaha dapat bersinergi untuk memperluas pangsa pasar ekspor Indonesia ke negara-negara ASEAN guna mendorong roda perputaran ekonomi Indonesia.

AOSD 2020 mengusung tema “A Click to Prosperity”, sebuah tagline yang menekankan pada tindakan sederhana dari “A Click” yang melambangkan belanja online dan “to Prosperity” yang berarti akan menuju sebuah negara dengan ekonomi yang makmur dan kuat dalam masyarakat ASEAN.

Shopee menegaskan komitmen dan kontribusinya untuk UMKM Indonesia melalui serangkaian program yang sejalan dengan visi misi pemerintah, salah satunya melalui keikutsertaan dalam program ASEAN Online Sale Day.