Find Us On Social Media :

Garap Sektor Pendidikan, TCS Tawarkan Platform Belajar Online

By Indah PM, Rabu, 5 Agustus 2020 | 18:30 WIB

TCS tawarkan platform belajar online iON Digital Glass Room

Situasi pandemi yang belum kunjung usai, terpaksa mengubah beberapa pola kehidupan di beberapa negara terdampak, termasuk belajar dan bekerja dari rumah.

Aktivitas belajar maupun bekerja dari rumah pun mau tak mau memaksa khalayak untuk melek secara teknologi.

Adalah Tata Consultancy Services (TCS), perusahaan layanan, konsultasi dan solusi bisnis TI asal India yang baru saja  mengumumkan layanan terbarunya, TCS iON Digital Glass Room, untuk mendukung aktivitas belajar online.

TCS menawarkan platform pembelajaran virtual ini secara gratis hingga Maret 2021 untuk institusi pendidikan di seluruh Indonesia selama pandemi global Covid-19.

"Kami percaya teknologi dapat meningkatkan kehidupan lebih baik, termasuk dalam bidang pendidikan," tutur Bhavin Zaveri (Country Head TCS Indonesia) lewat konferensi pers virtual, Selasa (4/8/2020).

Melalui TCS iON Digital Glass Room, guru dan dosen dapat terhubung dengan siswa dan mahasiswa secara langsung dengan membagikan mata pelajaran sekolah atau kuliah, video, lembar kerja siswa/mahasiswa, tugas dan penilaian, sambil menggunakan metode interaktif seperti pemungutan suara, debat, kuis, survei, dan lainnya.

Tak hanya itu, guru dan dosen juga dapat memanfaatkan format yang mudah digunakan untuk pengumpulan data tentang perkembangan pembelajaran dan perilaku peserta didik melalui analitik.

"Guru, dosen, siswa dan mahasiswa dapat terus memanfaatkan teknologi digital untuk memfasilitasi lingkungan belajar dan mengajar virtual dan tetap melanjutkan kurikulum mereka, baik saat pandemi maupun di kemudian hari," jelas Bhavin.

Lebih lanjut disebutkan TCS iON Digital Glass Room juga dapat diakses secara multiplatform. Karenanya, layanan ini mendukung platform mobile, seperti iOS dan Android, termasuk perangkat desktop.

Untuk mendukung layanan yang optimal, platform yang ditawarkan juga dapat diakses secara offline. Dengan cara ini, siswa masih dapat belajar, meski tidak terhubung dengan internet.

Bhavin menyebut, TCS iON Digital Glass Room dapat digunakan di semua segmen, mulai dari SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, hingga untuk kebutuhan pelatihan bagi karyawan.

"Jadi, perusahaan yang membutuhkan platform ini, kami juga dapat menyediakannya," sebut Bhavin. 

Beragam konten edukasi yang hadir di TCS iON Digital Glass Room juga sudah dilokalisasi, sehingga disesuikan dengan pembelajaran di Indonesia termasuk penggunaan Bahasa Indonesia di dalamnya.

“Kebutuhan yang saat ini diperlukan adalah alat untuk membantu mengintegrasikan pembelajaran online dengan pembelajaran di dalam kelas dengan meningkatkan ilmu pengajaran (pedagogi) dengan intervensi digital," urai Bhavin.

Bhavin menambahkan, jalur digital ini nantinya akan dapat membantu menyiapkan siswa/mahasiswa untuk jenis pekerjaan yang baru muncul di lapangan kerja setelah Covid-19.

Bagi yang tertarik mengimplementasikan, hanya memerlukan tiga langkah mudah untuk mendapatkan akses TCS iON Digital Glass Room:

1.     Kunjungi https://learning.tcsionhub.uk/organisation/intl-glass-room/

2.     Daftarkan sekolah/universitas Anda dengan meng-klik pilihan “Daftarkan Sekolah Anda” atau “Daftarkan Universitas Anda”

3.     Ajukan permintaan Anda, selanjutnya Anda akan menerima e-mail pada akun e-mail terdaftar yang akan menjelaskan informasi tambahan terkait kebutuhan untuk mempersiapkan TCS iON Digital Glass Room Anda.