Find Us On Social Media :

MediaTek dan Intel Selangkah Lebih Maju untuk Hadirkan 5G pada PC

By Cakrawala, Kamis, 6 Agustus 2020 | 21:45 WIB

Joe Chen (President, MediaTek) memamerkan MediaTek T700 yang ditujukan untuk menghadirkan 5G pada PC.

 

MediaTek hari ini mengumumkan keberhasilannya dalam melaksanakan panggilan 5G yang standalone alias berdiri sendiri tanpa "bantuan" 4G untuk T700. Panggilan 5G yang dilakukan itu pun menggunakan skenario yang real world. MediaTek T700 adalah modem, tepatnya modem data card, yang ditujukan untuk digunakan pada PC yang menggunakan prosesor Intel seperti halnya laptop dan 2 in 1. Sebelumnya Intel memang sudah menjual bagian yang seharusnya membuat modem Intel untuk smartphone ke Apple, tetapi Intel terus mengembangkan modem untuk perangkat lain. Belakangan, Intel bekerja sama dengan MediaTek dalam menghadirkan modem 5G untuk PC yang menggunakan prosesor Intel di dunia. Dengan keberhasilan MediaTek T700 melaksanakan panggilan 5G standalone, MediaTek dan Intel selangkah lebih maju untuk menghadirkan 5G pada PC yang dimaksud.

“Kemitraan kami dengan Intel merupakan perpanjangan alami dari bisnis 5G mobile kami yang terus berkembang, dan merupakan sebuah peluang pasar luar biasa bagi MediaTek untuk masuk ke dalam pasar PC,” ujar Joe Chen (President, MediaTek). “Dengan pengalaman Intel yang kaya dalam PC dan teknologi modem 5G canggih dari MediaTek, kami akan mendefinisikan ulang pengalaman laptop dan menghadirkan pengalaman 5G terbaik bagi para konsumen,” tambah Joe Chen. “Kesuksesan sebuah kemitraan diukur oleh eksekusi, dan kami sangat senang melihat perkembangan cepat yang kami lakukan bersama MediaTek dalam solusi modem 5G kami dengan percobaan bersama pelanggan akan dimulai nantinya pada kuartal ini. Dibangun di atas dasar kepemimpinan 4G/LTE kami pada PC, 5G akan makin mengubah cara kita terhubung, berkomputasi dan berkomunikasi. Intel berkomitmen meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut pada berbagai PC terbaik di dunia,” sebut Chris Walker (Corporate Vice President dan General Manager, Mobile Client Platforms, Intel).

Selain keberhasilan MediaTek T700 melaksanakan panggilan 5G standalone, Intel telah melakukan kemajuan pada integrasi sistem, validasi, dan pengembangan optimasi platform. Intel pun sedang mempersiapkan dukungan rekayasa bersama (co-engineering) untuk para mitra OEM (original equipment manufacturer) -nya.

MediaTek T700 sendiri mendukung jaringan 5G dengan frekuensi di bawah 6 GHz, baik yang standalone maupun non-standalone. MediaTek mengklaim bahwa T700 memungkinkan koneksi yang lebih cepat dan andal serta memiliki efisiensi daya yang baik. Efisiensi daya yang baik tentunya menjadi nilai tambah yang sangat menarik untuk penggunaan pada laptop dan 2 in 1. Adapun laptop pertama yang menggunakan modem 5G MediaTek dan Intel diperkirakan akan hadir pada awal tahun 2021.