Find Us On Social Media :

Bosch Luncurkan PeopleCount, Perangkat Pintar Pemantau Kerumunan

By Dayu Akbar, Jumat, 7 Agustus 2020 | 16:43 WIB

PeopleCount

Seiring pengaktifan kembali sentra-sentra aktivitas, pengelola usaha perlu meredam kecemasan-kecemasan terhadap keamanan dan keselamatan agar para pengguna dan pengunjung bisnisbisa berkegiatan dengan nyaman. Untuk itu solusi berupa sistem berteknologi cerdas untuk keamanan gedung atupun bangunan bisa menjadi solusi prioritas.Atas dasar tersebut, Bosch melalui divisi Building Technology-nya bekerja sama dengan Philips memperkenalkan solusi keamanan yaitu PeopleCount. Perangkat pintar ini berguna sebagai manajemen kerumunan yang dapat menghitung jumlah pengunjung secara real time dan akurat.“Meskipun okupansi suatu lokasi/kapasitas pengunjung telah dibatasi hingga 50%, risiko penumpukan dan kerumunan tetap harus diwaspadai. Dengan PeopleCount, social distancing (jaga jarak aman) tetap bisa nyaman diimplementasikan,” papar Dapot Sitanggang, Sales Country Manager Building Technology Division, Bosch di Indonesia.  

PeopleCount memungkinkan pengguna untuk menghitung jumlah pelanggan atau pengunjung yang masuk dan keluar sebuah lokasi, misalnya toko atau restoran. Aplikasi stand-alone ini menghubungkan kamera Bosch yang memiliki kemampuan analitik cerdas, ke layar signage untuk ditempatkan di pintu masuk lokasi. Setelah jumlah maksimum kapasitas ditetapkan, kemampuan analitik video Bosch pun beraksi dengan menghitung jumlah orang yang masuk dan keluar lokasi.

PeopleCount dapat menghitung jumlah pelanggan atau pengunjung yang masuk dan keluar dari suatu lokasi.

Ketika kapasitas telah mencapai angka maksimum, server web akan memicu output pada kamera Bosch yang kemudian bisa digunakan untuk mengaktifkan sistem kontrol akses lokasi guna mengamankan pintu masuk hingga kapasitas berkurang. Sistem ini juga akan menampilkan informasi secara real time melalui monitor untuk mengomunikasikan antrian pengunjung, memberitahu mereka apakah masih harus menunggu atau sudah bisa masuk ke lokasi. Dengan demikian, pihak manajemen bangunan lebih terfasilitasi untuk bisa mengatur jarak yang aman antar pengunjung secara efektif dan efisien, tanpa perlu mengganti sistem yang sudah ada. PeopleCount juga dapat secara akurat menghitung keluar masuk pengunjung di lebih dari satu pintu masuk atau keluar suatu bangunan.