Find Us On Social Media :

Berbagi File di Samsung Galaxy Note20 Kian Mudah Berkat Teknologi UWB

By Administrator, Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:45 WIB

Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 dilengkapi teknologi UWB (Ultra-Wideband) yang memudahkan pengguna berbagi file maupun mengelola perangkat IoT-nya.

Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Note20 pada pagelaran Galaxy Unpacked 2020 beberapa hari lalu. Selain menawarkan performa kencang, kamera kelas atas, dan stylus yang revolusioner, Galaxy Note20 (http://www.galaxylaunchpack.com/) juga memberikan teknologi terkini yang membantu produktivitas penggunanya.

Salah satu teknologi baru yang dibenamkan Samsung di smartphone ini adalah UWB (Ultra-Wideband). Teknologi ini hadir untuk mendukung 3 fitur utama, yaitu Nearby Share, SmartThings Find dan Digital Key.

Mari kita dalami tiga fitur berbasis teknologi UWB tersebut.

Pertama, fitur Nearby Share. Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone Galaxy Note20 Ultra untuk berbagi file (foto, video dan dokumen lainnya) antar perangkat Samsung Galaxy atau smartphone Android yang ada di dekatnya.

Cara kerjanya mirip dengan Wifi atau Bluetooth yang sudah kita kenal saat ini, namun UWB diklaim Samsung memiliki kemampuan bekerja yang lebih cepat dan akurat. “Berkolaborasi dengan Google, Note20 Ultra merupakan perangkat pertama yang mendukung teknologi UWB untuk menggunakan Nearby Share,” kata Taeyi Kim, Professional di Samsung Electronics.

Kedua yaitu SmartThings Find. Ini merupakan fitur yang memadukan antara teknologi UWB dengan teknologi AR (Augmented Reality), yang berfungsi untuk mengidentifikasi lokasi dari sebuah perangkat yang sedang dicari. Fitur ini bisa digunakan ketika pengguna Galaxy Note20 Ultra lupa menaruh perangkat lain yang ia miliki dan ingin segera mencarinya.

Kemudian fitur yang terakhir adalah Digital Key, sebuah fitur yang dapat menghubungkan smartphone Galaxy Note20 Ultra dengan perangkat IoT (Internet of Things), seperti yang ada di rumah atau kantor. “Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka pintu rumah atau kantor secara mudah dengan smartphone tanpa harus menggunakan kunci terpisah (sungguhan),” ujar Jeong-Hwan Jeon, Senior Professional di Samsung Electronics.

Beragam Skenario

Teknologi UWB (Ultra-Wideband)

Skenario lain yang bisa diterapkan dengan mengandalkan fitur ini adalah pengguna bisa mengarahkan smartphone ke TV Samsung dan meminta aplikasi smart assistant untuk mengubah saluran atau mencari tayangan yang sedang diinginkan. Skenario lainnya, pengguna bisa memerintahkan smartphone untuk memesan bahan makanan secara online dengan cukup menekan tombol khusus di lemari es Samsung. Canggih bukan?

Samsung berharap, teknologi UWB di masa depan dapat semakin memberikan pengalaman koneksi otomatis dan intuitif antar dua perangkat tertentu. “Ini bukan hanya koneksi antar perangkat seluler saja; Itu juga dapat terhubung ke kendaraan (seperti mobil pribadi) dengan UWB yang terpasang atau tempat tertentu di dalam gedung atau rumah. Penggunaannya tidak akan ada habisnya, termasuk nantinya untuk penggunaan mobile payment dan sinkronisasi ke peralatan rumah tangga/perangkat IoT,” terang Jeon.