Find Us On Social Media :

Blibli Ajak Pelaku UMKM dan Pelanggan Menjadi Pejuang Lokal

By Liana Threestayanti, Jumat, 14 Agustus 2020 | 20:50 WIB

Ilustrasi inisiatif Pejuang Lokal Blibli

Menyambut semangat kemerdekaan, Blibli menghadirkan gerakan #PejuangLokal sebagai bagian dari kampanye Karena Lokal No.1. 

. “Melalui inisiatif ini, Blibli ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan industri UMKM. Tentunya agar dapat beradaptasi di tengah situasi saat ini dan dapat memanfaatkan platform online seperti Blibli," jelas Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli.  

Inisiatif Pejuang Lokal mengajak para pelanggan untuk turut berjuang dengan membeli produk-produk UMKM. Di sisi lain pelaku UMKM juga memiliki peran sebagai Pejuang Lokal dalam menyediakan produk lokal dengan kualitas terdepan agar dapat terus mengembangkan bisnisnya. 

Serangkaian kegiatan dilakukan dalam mewujudkan inisiatif Pejuang Lokal, seperti menyediakan kurasi produk lokal pilihan untuk memudahkan pelanggan membeli produk-produk UMKM, TikTok Challenge Pejuang Lokal untuk menumbuhkan rasa cinta produk lokal di kalangan generasi milenial, serta terus menjalankan program pendampingan bagi para pelaku UMKM di tengah pandemi.  

Pejuang Lokal, Pemberi Solusi

Beberapa pelaku UMKM yang bergabung di Blibli juga telah menjadi Pejuang Lokal melalui kontribusinya sebagai pemberi solusi perubahan sosial atau sociopreneur. Kontribusi itu misalnya menciptakan lapangan kerja, kontribusi terhadap lingkungan dan penambahan keterampilan. 

Salah satu Pejuang Lokal yang disebutkan Blibli adalah Mushi Jamur Crispy, Lia Amalia.  Selain membangun usaha UMKM yang bergerak di produk penganan ringan, Lia juga telah menciptakan lapangan kerja bagi para petani jamur tiram binaannya. 

Pelaku UMKM lainnya adalah Nancy Valency, pendiri dari Gesyal. Selain menyalurkan minatnya untuk membangun bisnis UMKM dan menyediakan produk aksesoris fesyen, Nancy juga memberikan lapangan kerja bagi para penyandang difabel. Nancy juga terus memberikan pelatihan kepada mereka agar dapat meningkatkan kemampuan mereka sehingga kedepannya dapat melakukan pekerjaan di manapun secara mandiri.  

Selain itu, pelaku UMKM yang juga memiliki semangat Pejuang Lokal adalah pendiri dari Bengok Craft, Firman Setyaji. Bisnis UMKM yang dijalankan oleh Firman berangkat dari usaha berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengolah eceng gondok menjadi produk kerajinan ramah lingkungan. Bengok Craft fokus kepada keterlibatan masyarakat sekitar mulai dari tahap produksi hingga ke pemasaran agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Bentuk inisiatif lainnya yang dijalankan oleh Blibli dalam menyambut kemerdekaan ini juga dilakukan melalui Festival Mie Online pertama dan terbesar di Indonesia yang berkolaborasi dengan Tirta Lie. Tirta Lie yang merupakan penikmat dan pemerhati bakmi tradisional juga telah menjadi Pejuang Lokal dengan membuktikan dukungannya dalam turut membangun industri kuliner agar dapat memanfaatkan platform online.  

"Berbagai kolaborasi dan dukungan bagi para Pejuang Lokal ini tentunya sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung upaya Pemerintah untuk terus menggerakkan ekonomi Indonesia melalui UMKM. Hal ini juga selaras dengan visi kami untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan menyeluruh bagi para pelanggan," ujar Andreas. 

Andreas mengajak seluruh pelanggan dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjadi Pejuang Lokal dengan membeli produk UMKM Indonesia. "Kami juga mengajak para pelaku UMKM agar dapat terus beradaptasi di situasi saat ini agar dapat terus mengembangkan usahanya dengan bersinergi secara online,” tutup Andreas.