Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on Redmi Note 9 Pro: Desain Premium Harga 3 Jutaan

By Dayu Akbar, Sabtu, 15 Agustus 2020 | 07:00 WIB

Bermain di semua segmen, Xiaomi mengunggulkan jagoan barunya dikelas 3 jutaan dengan menghadirkan Redmi Note 9 Pro. Redmi Note 9 Pro sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada tanggal 9 Juni 2020. Saat itu pilihan warna yang ditawarkannya ada tiga yaitu Tropical Green (hijau)​, ​Glacier White​ (putih), dan ​Interstellar Grey (abu-abu)​. Dan tidak lama berselang, tepatnya 24 Juli 2020, Xiaomi kembali meluncurkan seri ini namun dengan pilihan warna baru yaitu Aurora Blue (biru). Dan warna inilah yang kami dapatkan saat proses unboxing dan hands-on kali ini.

Paket penjualannya hadir dalam boks dengan warna dasar putih dengan bagian depan menampilkan Redmi Note 9 Pro. Boks ini tidak berbeda dengan pilihan warna lain dimana warna yang ada akan disebutkan pada keterangan dari boks di bagian belakang.Didalam boks tersebut sudah terdapat kelengkapan yang terdiri dari jelly case transparan, kabel USB type-C, adapter yang dukung hingga maksimal 33 watt, SIM ejector, manual, garansi, dan tidak terdapat earphone atau headset.Unit dengan bagian belakang berwarna biru ini memang terlihat menarik dan menjadi daya tarik saat pertama kali melihatnya. Kali ini Xiaomi tidak menggunakan warna dengan tampilan bergradasi tetapi menggunakan satu warna polos. Meski polos, berbalut lapisan plastik solid yang mirip lapisan dari kaca membuat tampilan desainnya terlihat keren dengan kilauan pantulan.

Namun konsekuensinya, bodi ini memang rentan terhadap sidik jari ataupun tangan sehingga mudah kotor. Oleh karena itu, Xiaomi memberikan jelly case transparan agar terlindung dari kotor dengan tetap menampilkan warna keren pada bodi belakang ini. Tidak hanya itu, bodi belakangnya sudah terlindungi pula dengan Gorilla Glass 5 agar tidak gampang lecet atau baret.

Desain menarik juga ditampilkan pada kamera belakangnya. Empat kameranya tersusun dalam satu frame dengan bentuk yang agak menonjol. Dalam frame tersebut, masing-masing dua kamera tersusun secara rapi. Dibawah frame terdapat lampu flash serta tulisan 64 MP Camera di sisinya. Sedangkan agak bergeser ke bawah terdapa tulisan Redmi. Kami sendiri sangat suka melihatnya karena memberikan kesan premium.

Untuk sisi-sisinya, pada bagian kanan terdapat tombol fisik untuk Volume serta satu tombol Power berbentuk agak cekung. Ini dikarenakan yang memiliki fungsi lain sebagai pemindai sensor sidik jari. Posisi sensor ini membuatnya enak digunakan dengan satu tangan. Jika menggunakan tangan kiri maka jari telunjuk akan mudah menggapainya. Dan jika menggenggam dengan tangan kanan maka posisi ibu jari yang akan pas dengan posisi sensor.

Sisi kiri terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, port USB type-C, lubang kecil berupa mikrofon, dan lubang speaker. Untuk sisi atas terdapat pula lubang mikrofon dan satu sensor infra red yang berguna sebagai remote control untuk perangat elektronik.

Beralih ke bagian layar, ukurannya 6,67 inci dengan desain dot display di bagian tengah atas layar. Ini merupakan kamera selfie yang memiliki resolusi 16 MP. Sedangkan layarnya punya resolusi 2400 x 1080 FHD+ yang sudah terlindung Gorilla Glass 5. Untuk fitur lainnya sudah terdapat NFC, Wi-Fi 802.11 ac, bluetooth 5.0, GPS, serta AI Face unlock.

Redmi Note 9 Pro sendiri dipersenjatai dengan system on chip Snapdragon 720G sebagai prosesor octa-core dengan clock hingga 2,3 GHz yang kencang untuk gaming. Seri ini yang kami pegang ini memiliki kapasitas RAM 8 GB dan storage 128 GB. Sedangkan baterainya menggunakan kapasitas 5020 mAh.Apa yang dihadirkan Redmi Note 9 Pro ini memang cocok untuk aktivitas kawula muda yang kekinian. Dengan desain keren, multi kamera, serta spesifikasi tangguh untuk bermain game. Hingga artikel ini dibuat, Redmi Note 9 Pro dibanderol dengan harga Rp3.749.000. Namun jika ingin lebih murah, terdapat pula pilihan RAM 6 GB dan storage 64 GB dengan harga Rp3.399.000.