Find Us On Social Media :

Google Doodle Hari ini Ikut Rayakan HUT ke-75 RI

By Adam Rizal, Senin, 17 Agustus 2020 | 09:30 WIB

Google Doodle

Masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Hari ini pada 17 Agustus. Google pun selalu ikut merayakannya dengan menampilkan doodle spesial pada laman mesin pencariannya.

Tahun ini, Google Doodle bertema HUT RI dibuat oleh seniman Martcellia Liunic yang menampilkan keragaman Indonesia mulai dari budaya hingga flora dan fauna.

"Karya doodle hari ini menyoroti keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia dengan ilustrasi seperti Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii (yang memiliki mekar terbesar di dunia), juga beberapa contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah," terang Google.

Tak hanya itu, Google Doodle ini juga menjelaskan bagaimana permainan tradisional seperti panjat pinang yang menjadi salah satu permainan ikonik saat perayaan 17 Agustus. Menurut Google, panjang pinang ini tak hanya sekedar permainan saja tapi juga menumbuhkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

Lalu ada juga ilustrasi yang menggambarkan baju-baju adat khas daerah Indonesia dari daerah papua hingga bali serta pemandangan alam di mana Indonesia memiliki banyak pulau serta pegunungan.

"Saya ingin menggambarkan tidak hanya perayaan ini dalam ilustrasi saya untuk doodle, tetapi juga pentingnya "Bhinneka Tunggal Ika" yang berarti "persatuan dalam perbedaan" ujar Liunic dikutip dari laman Google.

Doodle hari ini juga menunjukan gambar khas tujuh belasan seperti panjat pinang dan seorang murid yang mengenakan seragam merah putih dengan mengibarkan bendera Indonesia.

Selain itu, ada beberapa ilustrasi orang yang tersebar dengan menggunakan pakaian adat Indonesia, seperti Betawi dan Jawa. Tulisan "Google" sendiri dibentuk menggunakan huruf G yang menyerupai awan, huruf O dari lingkaran panjat pinang dan bunga Rafflesia Arnoldii, huruf G dari pita berwarna merah, huruf L dari pohon kelapa, dan terakhir huruf E yang menyerupai lautan.

Dilansir dari laman resmi Google pada Senin (17/8/2020), Martcellia yang menggambar doodle ini mengatakan tidak hanya ingin menggambar mengenai perayaan Hari Kemerdekaan tetapi juga mengenai Binneka Tunggal Ika.

Pembuat doodle itu ingin menyampaikan pesan melalui karyanya bahwa Indonesia beragam, indah, dan meriah seperti doodle buatannya yang penuh warna.

Seperti yang diketahui, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Hari Kemerdekaan Indonesia 2020 hanya dengan mengeklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.