Find Us On Social Media :

Zoho Luncurkan BackToWork untuk Bantu Perusahaan Kembali ke Kantor

By Cakrawala, Jumat, 21 Agustus 2020 | 19:15 WIB

Tampilan halaman administrator pada Zoho BackToWork.

Zoho baru saja meluncurkan tawaran terbarunya BackToWork di Indonesia. Seperti namanya, BackToWork merupakan aplikasi untuk membantu perusahaan dalam menerapkan kembali lokasi bekerja karyawannya di kantor. Meskipun wabah COVID-19 masih berlangsung, saat ini berbagai perusahaan di Indonesia sudah mulai meminta maupun membolehkan karyawannya untuk kembali bekerja di kantor. Hal tersebut tentu seharusnya dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Zoho BackToWork antara lain bisa membantu perusahaan dalam menerapkan protokol kesehatan bersangkutan.

"Jadi kami meluncurkan Zoho BackToWork, suatu aplikasi yang adalah untuk membantu suatu bisnis untuk mengatur berbagai aspek dalam membuat karyawannya kembali bekerja [di kantor]," ujar Gibu Mathew (Zoho Corporation’s VP and GM for Asia Pacific). Nah, aplikasi ini memiliki aneka modul dan beberapa dari modul tersebut menyertakan sebuah modul untuk menolong Anda dalam hal melakukan suatu penilaian sendiri sebagai seorang karyawan, atau Anda bisa melihat catatan sejarah perjalanan Anda, Anda bisa membagikan informasi mengenai pertemuan apa saja yang sudah Anda hadiri, mungkin di kantor atau di luar kantor, serta berbagai aspek lainnya, seperti program apa saja atau program karantina apa saja yang sedang atau sudah Anda laksanakan. Jadi kami telah menempatkannya dengan cara yang menyeluruh. Kami sudah menghadirkan aneka modul yang bisa sesuai," jelas Gibu Mathew lebih lanjut.

Memastikan kondisi kesehatan karyawan sehubungan COVID-19 memang vital dalam kembali bekerja di kantor. Tak heran modul yang bisa lebih memastikan kondisi kesehatan karyawan sehubungan COVID-19 menjadi salah satu yang disorot oleh Zoho pada BackToWork. Namun, Zoho BackToWork tidak hanya menawarkan itu. Zoho menawarkan berbagai modul lain yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan pengguna BackToWork. Zoho BackToWork menawarkan enam modul, yakni admin control center module, wellness module, safe entry module, employee self-service module, communications module, dan volunteer module.

Adapun modul yang berhubungan dengan lebih memastikan kondisi kesehatan karyawan sehubungan COVID-19 adalah wellness module dan juga safe entry module. Wellness module lebih untuk pengumpulan data, sedangkan safe entry module lebih untuk menentukan izin. 

Wellness module pada Zoho BackToWork misalnya bisa digunakan untuk meminta karyawan melakukan penilaian sendiri sehubungan risiko COVID-19 secara berkala melalui pengisian formulir tertentu. Zoho pun mengklaim telah menyertakan survei yang sudah disetujui oleh industri untuk dipakai pada formulir bersangkutan.

Safe entry module bisa digunakan untuk menentukan karyawan mana saja yang sudah diizinkan bekerja di kantor. Data yang digunakan tentunya data yang diperoleh dari wellness module. Safe entry module pada Zoho BackToWork juga bisa dimanfaatkan jika ada tamu yang ingin berkunjung.

Sementara, admin control center module antara lain bisa digunakan untuk mencatat status dari fasilitas dari kantor; apakah kantor sudah siap untuk menampung karyawan kembali bekerja di sana atau belum. Selain itu, admin control center module juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa berbagai aspek sehubungan kembali bekerja di kantor seperti status kesehatan setiap karyawan dan hierarki persetujuan untuk hadir di kantor.

Employee self-service module bisa dimanfaatkan karyawan perusahaan pengguna Zoho BackToWork untuk meminta produk dan layanan yang diperlukan sehubungan pekerjaan ke perusahaan. Dengan employee self-service module, perusahaan bisa mengatur respons terhadap aneka permintaan seperti office supplies dan hand sanitizer.

Communications module pada Zoho BackToWork memudahkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan karyawannya. Communications module memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan informasi, contohnya informasi terkait protokol kesehatan COVID-19, ke karyawannya secara terkordinasi melalui website maupun ke smartphone karyawan.

Volunteer module, seperti namanya, bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan dan mengatur karyawan yang ingin menjadi sukarelawan. Dengan Volunteer module pada Zoho BackToWork, perusahaan melalui karyawannya bisa secara suka rela membantu lingkungan sekitarnya dengan berbagai aktivitas yang terorganisasi.

Menariknya lagi, sampai tanggal 31 Desember 2020, Zoho BackToWork bisa dipakai secara gratis. Perusahaan bisa mendaftar di www.zoho.com/backtowork. Setelah itu, biaya menggunakan Zoho BackToWork adalah US$2 setiap bulannya.