Find Us On Social Media :

Pendaftaran Website untuk Bisnis Online Naik 38,3% Selama Masa Pandemi

By Rafki Fachrizal, Selasa, 25 Agustus 2020 | 12:15 WIB

Ilustrasi Bisnis Online

Perusahaan penyedia layanan hosting Exabytes Indonesia mencatat adanya peningkatan jumlah pelanggan yang mendaftarkan website untuk keperluan bisnis online (e-commerce) selama 7 bulan pertama tahun 2020 (Januari-Juli).

Peningkatan tersebut yakni sebesar 38.3% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Exabytes menilai bahwa hal ini menunjukkan semakin banyaknya pelaku bisnis yang mulai bergerak untuk go digital dengan membangun platform online sendiri untuk bisnis mereka.

“Ada kenaikan pelanggan yang mendaftarkan websitenya untuk keperluan berwirausaha. Hal ini dilihat dari kenaikan jumlah pelanggan yang berbentuk PT atau CV dengan rata-rata sebesar 38.3% dibandingkan tahun lalu. Terutama di bulan Februari naik 120% dibandingkan Februari 2019 lalu. Hal ini membuktikan bahwa banyak orang atau perbisnis yang aware untuk membangun bisnis online dibandingkan tahun lalu,” kata Indra Hartawan (Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan) dalam webinar eCommerceFest: Get Ready For The New eCommerce Normal yang pada Sabtu (22/8).

Baca Juga: Banyak Makan Korban, Nih! 5 Tips Cegah Fraud di Bisnis Online

Masih dalam webinar tersebut, Haryadi Syarif (Chief Operation Officer of PowerCommerce.asia) mengatakan bahwa saat ini pelaku bisnis harus mengikuti perkembangan zaman termasuk dalam berbisnis.

“Toko sudah ada dari dulu hingga sekarang. Toko selalu ada tetapi bagaimana toko tersebut bisa beradaptasi dengan teknologi agar tidak ketinggalan zaman,” ujar Haryadi.

Untuk diketahui, eCommerceFest merupakan event tahunan yang sudah pernah diselenggarakan Exabytes di tahun 2018 dengan nama Exabytes E-Commerce Conference (EEC).

Diselenggarakan dalam dua hari yakni hari Sabtu dan Minggu (22-23 Agustus), webinar ini menghadirkan pembicara yang memaparkan strategi, tren dan kiat di E-Commerce, seperti Winzendy Tedja (CEO & Founder Yuna & Co), Monica Christa (CEO of BLP Beauty), Putri Katianda & Kara Nugroho (Co-Founders of PVRA), Christellia Stephanie (Partner Growth & Strategic Partnership Midtrans), Shintia Xu (Head of Business and Marketing Fore Coffee) dan lainnya.

Baca Juga: Hadirkan DANA, Blibli Sediakan Opsi Pembayaran Digital Terlengkap