Find Us On Social Media :

Inilah Lima Jenis Tagar Twitter yang Populer Digunakan di Indonesia

By Cakrawala, Senin, 24 Agustus 2020 | 18:30 WIB

Ilustrasi Twitter

Twitter baru saja mengeluarkan laporannya mengenai jenis tagar yang populer digunakan oleh penggunanya di tanah air. Berdasarkan jenis-jenis tagar berbeda yang banyak digunakan penggunanya di Indonesia, Twitter menilai platformnya dimanfaatkan untuk menyampaikan beragam hal. Dengan kata lain, tagar-tagar tersebut menunjukkan keberagaman cara masyarakat Indonesia menggunakan Twitter. Nah, inilah kelima jenis tagar Twitter yang paling populer digunakan pengguna di Indonesia.

1. Untuk Saling Menginspirasi

Twitter meyakini banyak pengguna yang mencari inspirasi tentang berbagai hal di platformnya. Tagar #dirumahaja misalnya tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya pencegahan dalam menghadapi wabah COVID-19, melainkan juga untuk menginspirasi pengguna lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya.

2. Untuk Mengedukasi

Tagar juga berguna untuk memudahkan dalam melakukan edukasi terkait topik tertentu. Contohnya tagar #padanan yang digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan dalam Bahasa Indonesia akan sebuah istilah bahasa asing. Begitu juga dengan konteks penggunaannya yang tepat dalam Bahasa Indonesia.

3. Untuk Keadaan Darurat

Berhubung real-time, Twitter juga digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya. Twitter pun telah membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dalam waktu singkat. Fitur Like dan Retweet berperan penting dalam hal tersebut. Salah satu contohnya adalah tagar #Gempa, yang digunakan secara aktif oleh @infoBMKG untuk menyampaikan hal-hal sehubungan gempa.

4. Diskusi tentang Hiburan

Twitter menemukan bahwa percakapan tentang topik hiburan di platformnya meningkat pada kuartal pertama tahun 2020 untuk Indonesia. Percakapan tentang selebriti meningkat 62%, musik meningkat 66%, dan film meningkat 26%. Misalnya tagar #RaisaThrowback yang sempat ramai di sana.

5. Sebagai Penghubung dengan Komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan pula Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT RI ke-75 dengan tagar #AnimalCrossing.