Find Us On Social Media :

Begini Cara Hemat Kuota Data Internet Ketika Rapat Online Pakai Zoom

By Adam Rizal, Selasa, 25 Agustus 2020 | 13:30 WIB

Ilustrasi Aplikasi Zoom

Saat ini banyak perusahaan dan sekolah menggunakan aplikasi video conference Zoom untuk rapat dan belajar mengajar online. Tren itu menjadi salah satu kebiasaan baru di era pandemi virus corona Covid-19.

Sayangnya, Zoom dapat menyedot kuota data Internet yang besar, menyusul penggunaan platform ini harus mengaktifkan video dan suara secara bersamaan.

Berikut tips untuk menghemat kuota internet ketika memakai Zoom:

1. Nonaktifkan video

Jika kamu menghadiri rapat yang tidak terlalu penting atau rapat yang tidak mewajibkan menampilkan wajah peserta, ada baiknya menonaktifkan video dengan begitu jumlah data yang dikomsumsi akan berkurang banyak.

Baca Juga: Duh, Ternyata Hacker Bisa Jebol Kata Sandi Zoom dengan Mudah

2. Turunkan kualitas video

Video yang ditampilkan Zoom adalah video berkualitas HD sehingga jernih dan jelas menampilkan gambar.

Menghemat kuota internet ketika rapat online Zoom bisa dengan menurunkan kualitas video dengan melakukan pengaturan pada setting kemudian klik video yang ada di sebelah kirim dan hapus centang HD.

3. Nonaktifkan microphone

Banyak kita yang tidak tahu microphone yang terus aktif selama rapat online Zoom ternyata mengkonsumsi kuota internet. Jika kamu sedang tidak berbicara dalam rapat, ada baiknya microphone di mute atau dinonaktifkan.

4. Berbagi layar ketika diperlukan saja

Jangan berbagi layar (share screen) ketika tak dibutuhkan karena itu memakan kuota internet. Jadi berbagi layarkan ketika itu diperlukan saja.

Baca Juga: Zoom Bakal Buka Pusat Data di Singapura, Pertama di Asia Tenggara