Find Us On Social Media :

Gandeng Qiscus, Synnex Metrodata Pasarkan Solusi Chat untuk Bisnis

By Liana Threestayanti, Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:00 WIB

PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Qiscus untuk memasarkan solusi chat kelas bisnis.

 

PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Qiscus untuk memasarkan solusi chat kelas bisnis.

Dengan kemitraan ini, salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk yang fokus di bidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut akan menjadi Authorized Distributor (distributor resmi) bagi 3 jenis platform solusi chat untuk bisnis dari Qiscus, yaitu Qiscus Multichannel Chat, Qiscus Chat SDK/API, dan Qiscus Meet SDK/API yang akan menyasar pangsa pasar SME di Indonesia.

Kerja sama strategis ini tak lepas dari tren yang semakin marak belakangan ini, yaitu tren chatting habits. Jumlah pengguna aplikasi chat yang meningkat beberapa tahun terakhir menjadikan kebiasaan baru yang disebut chatting habits. Chat menjadi alternatif baru berkomunikasi untuk berbagai aktivitas, seperti belanja, konsultasi kesehatan, e-learning, pemesanan makanan, transportasi, dan masih banyak lagi. Hal ini berdampak pada munculnya harapan akan conversational experience yang relevan dan pengalaman pelayanan yang instan, simpel, dan nyaman, ketika konsumen bertransaksi dengan bisnis.

Situasi pandemi selama setengah tahun terakhir telah mendorong terjadinya akselerasi adopsi digital. McKinsey Digital1) melaporkan proses adopsi digital oleh bisnis dan konsumen mengalami percepatan menjadi hanya 8 minggu, setelah sebelumnya diperkirakan memakan waktu selama 5 tahun. Artinya saluran digital semakin dibutuhkan untuk pemenuhan conversational experience konsumen. Hal tersebut juga divalidasi dengan fakta (1) Salesforce2) menyebutkan 7 dari 10 konsumen mengharapkan bisnis merespon kebutuhan mereka secara real-time. (2) Mengutip Facebook for Business3), 2 dari 3 konsumen bersedia membayar lebih untuk bisa bertransaksi dengan nyaman. (3) Dan 1 diantara 2 konsumen, lebih senang berbelanja dengan bisnis yang memfasilitasi mereka untuk bertanya seputar produk sebelum membelinya.

Sinergi SMI dan Qiscus ini diharapkan dapat membantu lebih banyak bisnis di Indonesia beradaptasi dan memenuhi ekspektasi baru konsumen melalui teknologi multi-channel dan in-app chat dari Qiscus. Qiscus sendiri adalah perusahaan ahli di bidang Real-Time Communication (RTC) Technology yang menyediakan teknologi chat untuk bisnis,

Kerja sama ini juga dipicu oleh beberapa peluang, di antaranya semakin tingginya kebutuhan enterprises akan kepuasan pelanggan yang lebih baik, peningkatan peluang lead conversion dan penjualan, ketersediaan kolaborasi ROBO (Remote-Office-Branch-Office)/inter-team yang lebih baik, serta adanya model bisnis baru yang membantu pengembangan bisnis tanpa adanya ketergantungan interaksi fisik.

“Qiscus merupakan salah satu solusi yang mendukung produktivitas perusahaan agar lebih efektif dan efisien dalam berkomunikasi melalui chatting yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan ditunjuknya SMI sebagai Authorized Distributor, kami berkomitmen menghadirkan ragam solusi TIK dan menjadi one stop solution bagi mitra bisnis kami dengan menawarkan kemudahan melalui satu pintu sehingga mitra bisnis kami dapat fokus melayani pelanggan," ujar Lie Heng, Solution Director PT Synnex Metrodata Indonesia.

Sementara Delta Purna Widyangga, CEO Qiscus, menuturkan “SMI merupakan salah satu distributor ICT terbesar di Indonesia dengan networking dan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan bisnis, terutama di Era Low Touch Economy saat pandemi seperti sekarang. Kerja sama Qiscus, yang telah berpengalaman membantu berbagai bisnis di lebih dari 17 negara, dan SMI beserta networking-nya, akan mempermudah kami untuk membantu lebih banyak bisnis di Indonesia mentrasformasikan interaksi dengan customers-nya ke online melalui channel yang relevan dan proven.” 

Tiga jenis platform yang akan dipasarkan SMI adalah:

  1. Qiscus Multichannel Chat: Dashboard perpesanan terpusat yang memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan klien dari berbagai aplikasi chat (seperti WhatsApp, Line, dll) secara tepat waktu, namun tetap efektif dari sisi biaya.
  2. Qiscus Chat SDK/API: Teknologi yang memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen melalui fitur chat bisnis (in-app/web) mereka, tanpa harus dibatasi jarak fisik. Layanan ini dapat membantu meningkatkan in-app engagement dan memberikan pengalaman bertransaksi yang simpel dan menyenangkan bagi konsumen.
  3. Qiscus Meet SDK/API: Teknologi yang memungkinkan bisnis memiliki conferencing tool yang aman dan hanya  didesain untuk perusahaannya saja. Hal ini akan memberikan rasa aman dan nyaman ketika bisnis perlu melakukan interaksi berupa konferensi daring dengan konsumen.

SMI memiliki pusat distribusi yang tersebar di wilayah strategis di Indonesia didukung dengan tenaga penjualan dan sentra logistik, termasuk di dalamnya tim Technical Advisor dan Professional Engineers yang mampu memberikan solusi bagi mitra bisnisnya. SMI juga memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia. SMI dan Qiscus akan erat bekerjasama menawarkan rangkaian solusi melalui channel SMI yang kuat di seluruh Indonesia.