Find Us On Social Media :

ColorOS 7.2 Hadir Perdana di OPPO Reno4, Ini Fitur-Fitur Unggulannya

By Dayu Akbar, Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:45 WIB

Ada hal menarik lain saat OPPO Reno4 diluncurkan. Selain pengumuman harga dan spesifikasi yang digunakan, peluncuran ini juga ditandai dengan hadirnya ColorOS 7.2 yang merupakan versi terbaru. ColorOS 7.2 memang hadir perdana melalui smartphone OPPO Reno4. Banyak pembaruan dan hadirnya beberapa fitur unggulan, diantaranya AI-enhanced Smart Sensor, AI App Preloading, dan Super Power Saving Mode.Fitur AI-enhanced Smart Sensor yang ada di Reno4 sendiri menggabungkan algoritma AI khusus dari ColorOS, sehingga memungkinkannya untuk mengenali wajah, gestur, dan pose. Dari fitur ini hadir beberapa fitur lainnya, misalnya dalam hal perlindungan privasi dengan hadirnya fitur Smart Spying Prevention yang dapat menyembunyikan isi pesan notifikasi apabila ada orang yang mengintip ke ponsel Anda. Fitur menarik lainnya yang dihadirkan oleh AI-enhanced Smart Sensor adalah Smart Rotation, yang memungkinkan kamera depan ponsel untuk mengenali orientasi wajah pengguna dan secara otomatis memutar layar ponsel ke arah yang sesuai. Selain itu masih ada Smart AirControl, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ponsel mereka tanpa harus menyentuhnya. Ini masih ditambah dengan fitur Adaptive Sleep yang memungkinkan layar tetap menyala selama wajah pengguna terdeteksi.

 ColorOS 7.2 juga dapat mengurangi waktu tunggu ketika pengguna membuka sebuah aplikasi dengan adanya AI App Preloading. Peningkatan software ini mempelajari perilaku pengguna dan memprediksi aplikasi apa saja yang biasa digunakan dan kapan biasanya aplikasi-aplikasi tersebut dibuka. Dengan demikian, semakin sering ponsel tersebut digunakan, semakin baik dan cepat pula fitur tersebut dapat memprediksi dan membuka aplikasi-aplikasinya. Berdasarkan pengujian di OPPO Lab, AI APP Preloading memungkinkan aplikasi terbuka 23,63% lebih cepat dari sebelumnya tanpa mengonsumsi tambahan daya. Daya tahan baterai juga mengalami perbaikan dengan danya fitur Super Power Saving Mode. Berdasarkan pengujian yang dilakukan di lab OPPO, pengguna masih dapat melakukan chat di WhatsApp selama 90 menit, melakukan lebih dari 80 selfie, atau melakukan panggilan hingga 1 jam dengan hanya sisa baterai 5%. Selain tiga fitur tadi, ColorOS 7.2 juga menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih mudah dan menyenangkan dengan Quick Return Bubble. Fitur ini menampilkan informasi penting terkait game yang tengah dimainkan dalam bentuk floating bubble. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan chatting, menonton video, atau menggunakan aplikasi lain, sehingga dengan mudah beralih dengan satu ketukan pada floating bubble tersebut. ColorOS 7.2 juga dilengkapi dengan Anti-Fragmentation Engine yang memastikan ponsel dapat berjalan dengan mulus. Teknologi yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO ini memungkinkan memori fisik ponsel mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99%, serta meningkatkan kecepatan penerapan blok-blok besar pada RAM sebesar 18%. Anti-Fragmentation Engine juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya black screens, lagging, dan crash hingga 93%, yang biasanya disebabkan oleh fragmentasi pada memori virtual, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan. Inovasi lainnya yang dapat melengkapi kenyamanan pengguna adalah fitur Super Nighttime Standby, yang memungkinkan ponsel untuk hanya mengonsumsi daya sebesar 2% di malam hari. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir harus mengisi baterai ponselnya saat terburu-buru di pagi hari.

 ColorOS 7.2 menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dengan Icon Pulldown Gesture sebagai salah satu solusi terbaik apabila pengguna harus menggunakan ponsel dengan hanya satu tangan. Saat pengguna menggeser ke atas di tepi kiri atau kanan layar Beranda, semua ikon aplikasi akan turun ke sudut bawah, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjangkaunya dengan satu tangan. Selain itu, ColorOS 7.2 pun menghadirkan pengalaman visual yang diperkaya dengan 30 set wallpaper artistik baru di Artist Wallpaper Project, yang berkolaborasi dengan lebih dari 15 seniman di seluruh dunia, termasuk Tom Hegen, Ian Fisher, dan seterusnya. Tidak hanya itu, ColorOS 7.2 juga menghadirkan Wallpaper Gravity, yang dapat mengubah wallpaper pada layar Beranda ponsel secara dinamis dan menyesuaikan dengan posisi dari ponsel tersebut.