Find Us On Social Media :

Micron Luncurkan SSD Portabel Baru, Crucial X6, dengan Dimensi Ringkas

By Cakrawala, Rabu, 26 Agustus 2020 | 23:57 WIB

Micron meluncurkan SSD portabel baru, Crucial X6, yang hadir dengan dimensi ringkas dan kapasitas besar.

Sebagai salah satu produsen NAND flash memory, Micron juga menawarkan berbagai produk SSD dengan mereknya sendiri. Selain merek Micron, produsen asal Amerika Serikat ini juga menawarkan produk SSD dengan merek Crucial. Nah, belum lama ini Micron meluncurkan SSD Portabel Baru, Crucial X6, di dunia. Berhubung menggunakan SSD, media simpan portabel Crucial tersebut menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari HDD portabel pada umumnya. Selain itu, Crucial X6 juga hadir dengan dimensi yang lebih ringkas dari HDD portabel kebanyakan. Kombinasi itu membuat pengguna Crucial X6 bisa dengan mudah membawanya dan mendapatkan kinerja tinggi di banyak tempat.

"Kebutuhan akan akses yang fleksibel terhadap konten digital adalah sangat penting saat sekarang — dan SSD portabel Crucial X6 dan X8 membawa kualitas tak tertandingi Micron pada teknologi media simpan secara langsung ke ujung-ujung jari para konsumen," ujar Teresa Kelley (Vice President and General Manager of Micron’s Consumer Products Group). "Apakah itu bekerja jarak jauh, tinggal di rumah dengan keluarga, mempersiapkan sebuah kelas virtual, atau pergi ke luar untuk suatu petualangan, menyimpan dan mengakses berkas-berkas digital tidak pernah lebih mudah — bahkan tanpa suatu koneksi internet maupun akses ke cloud," imbuhnya lagi.

Hadir dengan antarmuka USB 3.1 Gen 2 Type-C, SSD portabel Crucial X6 menawarkan kecepatan pembacaan sampai 540 MB/s. Namun, Micron tidak menyebutkan kecepatan penulisannya. Dengan kecepatan pembacaan yang sampai 540 MB/s, Micron mengklaim Crucial X6 menawarkan kinerja yang 3,8 kali lebih cepat dari kebanyakan HDD portabel. Tak ketinggalan, disertakan pula kabel untuk koneksi ke perangkat dengan porta USB Standard-A.

Selain itu, SSD juga pada umumnya lebih tahan guncangan dibandingkan HDD. Micron pun menyebutkan Crucial X6 tahan jatuh dari ketinggian sekitar dua meter, tahan guncangan, tahan getaran, dan tahan suhu ekstrem.

Adapun kapasitas dari Crucial X6 yang dihadirkan Micron adalah 1 TB dan 2 TB. Sementara, dimensinya sebesar 6,9 x 6,4 x 1,1 cm. Dimensinya tersebut lebih ringkas dari kebanyakan HDD portabel yang antara lain memiliki dimensi 11 x 8,2 x 1,5 cm. Begitu pula dengan bobot Crucial X6. SSD portabel bersangkutan memiliki bobot kurang dari 42 gr. Bobot dari HDD portabel yang dicontohkan tadi sendiri adalah 136 gr.