Find Us On Social Media :

Western Digital Umumkan My Passport SSD yang Tawarkan Kecepatan Tinggi

By Cakrawala, Jumat, 28 Agustus 2020 | 23:58 WIB

Western Digital mengumumkan kehadiran dari My Passport SSD barunya yang tawarkan kecepatan tinggi, lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

 

Western Digital belum lama ini telah mengumumkan kehadiran dari My Passport SSD barunya di dunia yang tawarkan kecepatan tinggi. Hadir dengan kapasitas sampai 2 TB, My Passport SSD baru ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari My Passport SSD generasi sebelumnya. Bahkan, Western Digital mengklaim kecepatan transfer dari My Passport SSD barunya itu bisa sekitar dua kalinya My Passport SSD generasi sebelumnya. Kecepatan yang lebih tinggi tersebut sewajarnya antara lain berkat penggunaan rangkaian flash memory dan controller yang kinerjanya lebih tinggi dari yang dimanfaatkan generasi sebelumnya.

"My Passport SSD baru ini menghantarkan kecepatan, keandalan, dan fungsionalitas yang konsumen harapkan dari kami," ujar Susan Park (Vice president, Consumer Solutions, Western Digital). "Ia adalah suatu solusi yang bertenaga dan canggih untuk kreator konten, kurator, dan hobbyist pada umumnya yang butuh untuk memindahkan berkas-berkas secara cepat. Sudut yang bulat, punggung yang bergelombang, dan pinggiran yang lembut meningkatkan portabilitas My Passport SSD dan membuatnya mudah untuk dibawa, tetapi juga mudah dikenali sebagai sebuah anggota dalam lini produk My Passport yang telah mendapatkan penghargaan," imbuh Susan Park.

Western Digital mengklaim My Passport SSD baru menawarkan kecepatan pembacaan sampai 1.050 MB/s dan kecepatan penulisan sampai 1.000 MB/s. Sebagai perbandingan, Western Digital mengklain My Passport SSD generasi sebelumnya memiliki kecepatan transfer sampai 540 MB/s. Dengan kecepatan tingginya, Western Digital My Passport SSD baru bisa mentranfser berkas lebih cepat dari generasi sebelumnya. Adapun untuk antarmukanya, My Passport SSD baru menggunakan USB 3.2 Gen 2 yang memang memungkinkan kecepatan transfer melebihi 1.000 MB/s. USB 3.2 Gen 1 sendiri tidak memungkinkan hal tersebut.

Seperti generasi sebelumnya, SSD portabel dengan porta USB Type-C ini juga menyertakan adaptor USB Type-C ke USB Standard-A. Begitu pula dengan daya tahan terhadap getaran dan guncangan. Vendor yang juga dikenal dengan singkatan WD itu pun menyebutkan My Passport SSD baru tahan jatuh dari ketinggian sekitar dua meter. Tak ketinggalan, My Passport SSD baru mendukung pula enkripsi AES 256 bit secara perangkat keras seperti generasi sebelumnya untuk keamanan data yang tersimpan.

Sementara, kapasitas dari Western Digital My Passport SSD baru adalah 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Namun, kapasitas yang 2 TB kehadirannya akan menyusul. Begitu pula dengan pilihan warnanya. Terdapat beberapa pilihan warna, tetapi hanya abu-abu yang hadir sejak awal. Pilihan warna lainnya akan menyusul. Untuk harganya sendiri, Western Digital My Passport SSD baru ditawarkan di Amerika Serikat dengan harga US$119,99 untuk yang 500 GB dan US$189,99 untuk yang 1 TB.

Belum tersedia informasi lebih lanjut mengenai ketersedian Western Digital My Passport SSD baru tersebut di tanah air. Begitu pula tentunya dengan harganya.