Find Us On Social Media :

Hands-On Samsung Galaxy Tab S7+: Lebih Besar dan Lebih Premium

By Dayu Akbar, Senin, 31 Agustus 2020 | 14:07 WIB

Samsung secara resmi meluncurkan komputer tablet terbarunya untuk pasar Indonesia pada 18 Agustus 2020 lalu melalui Galaxy Tab S7 Series yang terdiri dari Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+. Dan kami sendiri berkesempatan memegang unit dari Galaxy Tab S7+ dan akan mengulasnya secara singkat.Paket penjualannya hadir dalam kotak berukuran besar dan pipih yang disesuaikan dengan dimensi dari unitnya. Isi dalam kotak penjualannya cukup sederhana. Selain unit Galaxy Tab S7+, didalamnya sudah disertakan pula S Pen, kabel data USB type-C, adaptor, SIM ejector, dan manual. Anda tidak akan mendapatkan earphone atau bahkan cover keyboard yang memang dijual terpisah.Galaxy Tab S7+ menggunakan material yang terasa lebih kokoh dan agak sedikit berat. Ini yang membuat Tab S7+ terasa sekali kesan premiumnya. Unit yang kami pegang memiliki warna perak atau Mystic Silver di bodi belakangnya. Selain warna tersebut, pilihan warna lain yang tersedia dalam penjualannya adalah warna hitam atau disebut Samsung dengan Mystic Black serta warna Mystic Bronze.

Bodi belakang terasa kesat dan polos namun tidak terlalu glossy. Kami suka karena ini tidak membuat bodi-nya mudah kotor oleh bercak jari. Terdapat tulisan Samsung dengan posisi landscape di sisi kiri dan terdapat pula garis lurus panjang yang memiliki fungsi sebagai pengisi baterai pada S Pen. Garis lurus ini memiliki fungsi pengisi daya pada S Pen. Caranya cukup dengan menempelkan S Pen ke area garis tersebut yang memiliki landasan magnet sehingga tidak gampang lepas atau terjatuh.

Ujung garis tersebut langsung menyatu dengan kamera belakang. Ada dua kamera yang masing-masing memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 dengan fitur ultra wide dan satunya dengan resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0 dengan fitur wide angle. Secara maksimal kemampuan merekam video-nya hingga resolusi 4K dengan 30fps.

Masih di bodi belakang, bagian bawahnya terdapat tulisan Sound by AKG yang menegaskan dukungan audio yang digunakan. Dukungan audio masih ditambah dengan fitur Dolby Atmos sehingga menghadirkan kualitas suara yang lebih baik. Ketersediaan empat speaker juga bakal menghadirkan suara yang lebih wide.Beralih ke konektivitas, pada sisi bawah terdapat port USB type-C yang mendukung pengisian baterai 45 watt. Port ini mendukung pula sebagai port audio, sehingga Samsung tidak lagi menyediakan port audio 3.5mm. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol fisik Power dan Audio, serta slot kartu yang mendukung hingga koneksi 4G LTE. Sisi lainnya terdapat area docking untuk menempelkan keyboard eksternal.Beralih ke bagian depan, Tab S7+ ini memiliki ukuran lebih besar dibanding Tab S7 yaitu 12,4 inci. Ukurannya yang luas ini bikin tampilan makin lega, apalagi saat digunakan sebagai pengganti laptop dengan mengaktifkan fitur Samsung DeX. Panel yang digunakannya pun lebih baik dibanding Tab S7 yaitu Super AMOLED.

Resolusi yang dimilikinya yaitu 2800 x 1752 pixels (WQXGA+) dengan refresh rate 120Hz yang bikin tampilan makin mulus. Dengan spesifikasi layar tersebut, bezel tebal yang dimilikinya seakan tidak terasa dan tidak akan mengganggu tampilan. Dilapisi dengan Gorilla Glass 3 membuatnya lebih kuat terhadap goresan. Ini pula mengapa layarnya tidak lagi ditambahkan dengan screen protector tambahan.Samsung menempatkan kamera depan pada salah satu bezel. Dalam posisi portrait, kamera berada di sisi kanan, dan jika dalam posisi landcape maka kamera akan berada di posisi atas. Sehingga posisinya memang lebih cocok ketika digunakan saat mengaktifkan fitur Samsung DeX. Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP.

Disebut sebelumnya bahwa Tab S7+ sudah menyertakan S Pen. S Pen-nya memiliki bobot yang ringan dan sudah terintegrasi dengan baterai. Pengisian baterainya sendiri cukup dengan menempelkannya pada bodi tablet di posisi garis lurus yang sudah tersedia. S Pen ini hanya memiliki satu tombol fungsi yang letak cenderung dekat ke bagian depan untuk kemudahan jari untuk menjangkaunya. Ujung penanya terasa lebih lentur dan mendukung latency rendah yang dikalim sebesar 9 ms. Koneksinya menggunakan bluetooth yang mendukung hingga jarak 10 meter.

Untuk sistem operasinya digunakan Android 10 yang dibalut dengan One UI 2.5. Antarmuka ini secara umum sama dengan seri-seri smartphone Samsung terbaru. Karena memanfaatkan S Pen, antarmukanya menyertakan fitur Air Actions yang memberikan pilihan shortcut ke beberapa aplikasi yang bisa dipilih. Dan meski hanya berupa ulasan singkat, namun kami coba menyempatkan melihat skor ANtutu versi 8.3.4 dan hasilnya skor mencapai 567217 yang sesuai dengan ekspektasi dari system on chip yang digunakan.

Samsung Galaxy Tab S7+ dipersenjatai dengan Snapdragon 865+ yang ditandem dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB serta kapasitas baterai 10.090mAh. Untuk harga resminya, Samsung membanderol dengan harga Rp16.999.000.