Find Us On Social Media :

Microchip Kenalkan 25CSM04, EEPROM dengan Kepadatan Tertingginya

By Cakrawala, Kamis, 3 September 2020 | 21:30 WIB

Microchip memperkenalkan EEPROM barunya, 25CSM04, yang merupakan produk EEPROM dengan kepadatan tertinggi yang ditawarkannya.

Microchip belum lama ini ini memperkenalkan EEPROM barunya, 25CSM04. Microchip menyebutkan 25CSM04 merupakan produk EEPROM dengan kepadatan tertinggi yang ditawarkannya. Hadir dengan kapasitas 4 Mbit, serial EEPROM (electrically erasable programmable read-only memory) ini diklaim Microchip menggandakan kepadatan tertinggi dari serial EEPROM yang lazim digunakan para pengembang sebelumnya. Sekadar informasi, EEPROM adalah memori yang nonvolatile alias tetap menyimpan datanya meski tidak mendapatkan daya.

Menurut Microchip, serial EEPROM merupakan pilihan memori untuk perangkat portabel bagi konsumen dan perangkat kesehatan. Data yang disimpan pada serial EEPROM itu adalah data untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, spesifik untuk pengguna bersangkutan. Adapun contoh dari perangkat tersebut adalah fitness tracker dan alat bantu pendengaran.

Sebelumnya, Microchip mengklaim pengembang yang butuh untuk menggunakan memori nonvolatile berkapasitas lebih dari 2 Mbit, terpaksa menggunakan NOR flash memory yang kinerjanya di bawah EEPROM. Nah, dengan Microchip 25CSM04, pengembang memiliki opsi untuk menggunakan EEPROM untuk keperluan tersebut.

"Mendorong sisi atas dari apa yang mungkin dengan serial EEPROM mendukung inovasi produk," ujar Randy Drwinga (Vice President of Microchip’s Memory Products Division). "Para desainer sekarang bisa mengevaluasi ulang sistem-sistem mereka dan memanfaatkan teknologi baru ini untuk mengotimalkan kinerja desain," tambahnya.

Adapun kelebihan dari EEPROM terhadap NOR flash memory menurut Microchip antara lain arus standby yang lebih rendah; kemampuan untuk menulis byte tunggal, multi-byte, dan halaman penuh; waktu penghapusan/penulisan ulang sektor yang lebih singkat; dan siklus penghapusan/penulisan ulang yang lebih banyak. EEPROM memiliki arus standby sebesar 2 µA, waktu penghapusan/penulisan ulang sektor selama 5 ms, dan siklus penghapusan/penulisan ulang sejumlah 1 juta kali. Sementara, NOR flash memory memiliki arus standby sebesar 15 µA, waktu penghapusan/penulisan ulang sektor selama 300 ms, dan siklus penghapusan/penulisan ulang sejumlah 100 ribu kali.

Microchip 25CSM04 hadir dengan tiga pilihan kemasan. Harganya sendiri adalah mulai dari US$2,32 untuk 10 ribu unit.