Find Us On Social Media :

Empat Belas Ribu Pengguna Platform Zenius Berhasil Lulus SBMPTN 2020

By Rafki Fachrizal, Jumat, 4 September 2020 | 19:30 WIB

Ilustrasi Pengguna Zenius

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 resmi dilakukan pada bulan Agustus lalu.

Pasca pengumuman itu dilakukan, platform belajar online Zenius melakukan survei kelulusan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi para penggunanya.

Dari hasil survei tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 14,521 pengguna Zenius berhasil lulus SBMPTN dari total lebih dari 24 ribu pengguna yang telah memberikan responnya.

Sabda PS, Co-founder dan Chief Education Officer Zenius, mengatakan, “Kami sangat bangga atas pencapaian dan respons yang diberikan para pengguna Zenius. Dari 713.230 peserta yang terdaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, data internal kami mencatat bahwa setidaknya 189 ribu adalah pengguna Zenius. Selain itu, sejak bulan April terjadi kenaikan jumlah pengguna jelang SBMPTN yang meningkat lebih dari 300% dibandingkan tahun lalu.”

Para pengguna Zenius yang berhasil lulus tersebut mendapatkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 8 politeknik negeri pilihan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diketahui, intensitas belajar pengguna dengan Zenius semakin meningkat menjelang hari ujian berlangsung.

UTBK di tahun ini yang hanya terdiri dari tes potensi skolastik, membuat para peserta harus mengatur strategi baru dalam mempersiapkan diri.

Baca Juga: Startup Pendidikan Zenius Education Umumkan Logo dan Tagline Baru

Zenius mencatat bahwa para pengguna yang mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK rata-rata mengalokasikan waktu selama 3 jam untuk belajar menggunakan Zenius, seminggu sebelum ujian.

Selama proses persiapan menjelang UTBK 2020, Zenius juga telah mengeluarkan berbagai inovasi layanan yang membantu para peserta untuk mempersiapkan diri, seperti Grand Try Out Zenius yang dilakukan secara online dan dirancang khusus agar menyerupai UTBK yang sesungguhnya, juga koleksi konten materi persiapan UTBK terlengkap.

Selain itu, Zenius juga menyediakan galeri konten pembelajaran yang berisi lebih dari 80 ribu video pembelajaran dan ratusan ribu latihan soal yang dapat diakses secara gratis.

“Zenius telah merancang layanan Zenius Ultima yang akan membantu persiapan para siswa dalam menghadapi UTBK 2021 mendatang dengan fitur-fitur seperti Simulasi Real UTBK, konseling jurusan dan kampus impian, evaluasi progress belajar rutin serta 350 jam sesi belajar live interaktif dengan tutor-tutor senior Zenius,” papar Sabda.

“Layanan ini diharapkan akan membantu para siswa mengenali bakat dan kemampuan mereka masing-masing sehingga dapat mempersiapkan diri lebih matang dalam persiapan menghadapi UTBK,” tambah Sabda

Baca Juga: Bantu Belajar dari Rumah, 80.000 Video Pembelajaran Digratiskan Zenius