Find Us On Social Media :

Pertumbuhan Pelanggan Apple Music Mulai Goyang Dominasi Spotify

By Adam Rizal, Senin, 7 September 2020 | 16:00 WIB

Apple Music

Saat ini Spotify masih mendominasi dan memimpin industri dengan jumlah pelanggan terbanyak.

Namun, posisi nyaman Spotify mulai goyang dengan angka pertumbuhan Apple Music yang naik signifikan.

Pertumbuhan pelanggan berbayar Apple Music naik 2,5 lipat lebih besar ketimbang Spotify. Survei tersebut dihitung pada periode Juni 2018 sampai Juni 2020 seperti dikutip Apple Today.

Khusus pada Juni 2020, pertumbuhan Apple berada pada persentase 10 persen, lebih unggul 4 persen atas Spotify yang hanya bertambah sebanyak 6 persen.

Salah satu analis Loup Ventures, Gene Munster memperkirakan masifnya pertumbuhan pelanggan Apple Music dipengaruhi oleh ekosistem perangkat yang mendukung layanan tersebut dan bisa menjaga eksklusivitasnya pada perangkat berbasis iOS dan sistem operasi Apple lainnya.

"Kami yakin konversi yang lebih cepat ini didorong oleh konsumen yang menilai pengalaman terintegrasi, yang disediakan oleh kepemilikan Apple atas iOS," kata Munster.

Selain itu, Musnter juga mengatakan bahwa sumber finansial para pengguna iOS lebih kuat ketimbang pengguna Android yang selama ini menjadi kontributor terbanyak pelanggan Spotify.

"Secara terpisah, pemilik iOS memiliki keuangan lebih banyak lebih banyak daripada rata-rata [keuangan] pemilik Android. Artinya, mereka [pelanggan Apple Music] tidak keberatan untuk membayar," tandasnya.

Meski pertumbuhan pelanggan berbayar Apple Music lebih besar ketimbang Spotify tetapi jika bicara tentang total jumlah pengguna berbayar, Apple masih kalah jauh.

Saat ini, jumlah pelanggan berbayar Spotify sudah mencapai 138 juta. Sementara Apple Music baru di kisaran 82 juta pengguna.