Find Us On Social Media :

AVEVA Akuisisi OSIsoft untuk Percepat Transformasi Digital di Dunia Industri

By Rafki Fachrizal, Selasa, 8 September 2020 | 13:45 WIB

Ilustrasi Digitalisasi di DUnia Industri

Perusahaan pengembang software (perangkat lunak) untuk industri, AVEVA, resmi mengumumkan akuisisi terhadap OSIsoft senilai $5 miliar.

OSIsoft sendiri merupakan perusahaan pengembang software dan layanan data untuk industri secara real-time.

Lewat akuisisi ini, AVEVA dan OSIsoft akan menggabungkan penawaran produk mereka untuk saling melengkapi, menyatukan software industri dan manajemen data untuk membantu pelanggan dalam organisasi industri dan mempercepat strategi transformasi digital seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan efisiensi, fleksibilitas, keberlangsungan, serta ketahanan yang semakin mendesak bagi pelanggan.

Software manajemen data dari OSIsoft akan melengkapi portofolio produk end-to-end desain engineering, operasional, serta manajemen kinerja dari AVEVA yang komprehensif.

Mengintegrasikan Sistem PI OSIsoft ke dalam portofolio perangkat lunak komprehensif, AVEVA akan memberikan fondasi manajemen data yang terintegrasi untuk mendorong big data, komputasi awan (Cloud), dan kecerdasan buatan (AI) dalam menciptakan nilai bisnis lebih bagi pelanggan.

Kombinasi ini memungkinkan AVEVA untuk tumbuh dan mendiversifikasi industri yang dilayaninya juga terus memperluas jejaknya di pasar serta geografi yang ada dan baru.

Mengomentari akuisisi ini, Craig Hayman, CEO AVEVA, mengatakan, “Menggabungkan AVEVA dan OSIsoft merupakan salah satu tonggak penting dalam perjalanan kami untuk mencapai tujuan pertumbuhan bisnis yang telah kami tetapkan. Hal ini tidak hanya akan membantu kami melayani pelanggan yang sudah ada dengan lebih baik tetapi juga membuka pintu untuk peluang baru yang akan mempercepat penyampaian visi digitalisasi kami.”

Sementara itu, Dr. J. Patrick Kennedy, Pendiri dan CEO OSIsoft, mengungkapkan, “Bergabung dengan AVEVA meningkatkan serta memperluas kemampuan kami untuk memenuhi komitmen utama kami kepada pelanggan, mitra, dan karyawan. Bersama, kami akan lebih mampu melayani proyek transformasi digital terbesar dalam sejarah, termasuk di seluruh industri 4.0+ dan IIoT."

Lebih lanjut, selain berbagi portofolio solusi yang saling melengkapi, akuisisi ini diharapkan AVEVA semakin memvalidasi posisinya sebagai pemimpin terdepan dalam digitalisasi industri dan IIoT.

Sistem PI OSIsoft memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan, menormalisasi, menyimpan, serta membagikan data operasional secara real-time dengan tingkat ketelitian yang tinggi ke berbagai aplikasi, proses analisa, dan platform kecerdasan buatan (AI) maupun machine learning.

PI bertindak sebagai sistem pencatatan tunggal untuk data operasi, dirancang untuk skala besar serta mendukung komputasi awan (cloud) dan membagikan data dan informasi ke seluruh perusahaan. Dengan ini, PI mendukung pengambilan keputusan operasional.

Sampai saat ini, OSIsoft telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 perusahaan listrik dan utilitas terkemuka di dunia, 38 dari perusahaan minyak dan gas Global Fortune Top 40, semua perusahaan logam dan pertambangan Global Fortune Top 10, 37 dari 50 perusahaan kimia dan petrokimia terbesar di dunia, dan 9 dari 10 perusahaan farmasi Global Fortune Top 10.

Baca Juga: Melirik Potensi Pemanfaatan Data di Industri Energi