Find Us On Social Media :

Hands-On dan Unboxing Redmi 9C: Masih Murah Tapi Lebih Menarik

By Dayu Akbar, Rabu, 9 September 2020 | 15:57 WIB

Memberikan pilihan lebih beragam untuk segmen entry level-nya, Xiaomi menghadirkan Redmi 9C. Melihat penamaan serinya, bisa ditebak bahwa ini merupakan varian lain dari Redmi 9 series dimana sebelumnya pada Agustus lalu telah meluncurkan Redmi 9A.Dibanding Redmi 9A, Redmi 9C memiliki spesifikasi yang sedikit lebih unggul, diantaranya bisa dilihat dari penggunaan chipset yang lebih baru, hadirnya tiga kamera utama, dan hadirnya sensor fingerprint. Kami sendiri berkesempatan melihat langsung unit sample dari Redmi 9C ini dan berikut ulasan singkatnya.Redmi 9C hadir dalam kotak dengan dominan warna putih dengan gambar unit serta tulisan Redmi 9C dalam posisi vertikal. Didalamnya terdapat kelengkapan seperti unit Redmi 9C, kabel data micro USB, adaptor yang support hingga 10 watt, SIM ejector, serta kartu garansi dan buku manual. Karena masuk dalam kategori entry level, tidak disertakan jelly case ataupun earphone.

Bodi Redmi 9C hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Twilight Blue, Midnight Grey, dan Sunrise Orange, dan unit yang kami terima memiliki warna Twilight Blue atau biru. Warna pada bodinya dibuat bermotif sehingga tidak terkesan terlalu polos dan monoton. Motif tersebut berupa guratan garis-garis yang sekilas dibuat mirip dengan bentuk sidik jari. Lapisannya dibuat dari bahan plastik dan tidak glossy. Ini memang tidak membuatnya mudah kotor seperti saat menggunakan lapisan glossy, namun kami tetap mendapati berak sidik jari ketika memegang bodi tersebut.

Masih di area belakang, bagian pojok kiri atas terdapat tiga kamera utama yang disusun dalam satu kotak bersamaan dengan lampu kilat. Kotak ini diuat timbul yang memberi kesan sedikit elegan. Di bagian tengah ditempatkan sensor fingerprint berbentuk bulat dan bagian tengah agak ke bawah terdapat tulisan Redmi.Pada Redmi 9C tiap sisi terdapat berbagai fitur. Untuk sisi bawah terdapat luang mikrofon, port USB, dan lubang speaker. Kali ini jck audio 3.5mm ditempatkan di sisi atas. Untuk sisi kanan ada dua tombol Volume dan tombol Power, sedangkan sisi kiri terdapat slot untuk kartu yang bisa menyimpan hingga dua kartu SIM dan satu kartu micro SD.

Bagian layar menggunakan desain desain dot drop berukuran 6,53 inci yang memiliki resolusi 720 x 1600 pixels atau HD+. Pada unit sample yang kami terima, layarnya tidak disertai dengan lapisan pelindung tambahan. Desain dot drop sendiri terdapat kamera depan dengan resolusi 5 MP, sama dengan Redmi 9A.Redmi 9C juga sudah dilengkapi sistem operasi berbasis Android 10 yang dibalut dengan user interface terbaru dari Xiaomi yakni MIUI 12. MIUI 12 ini memiliki tampilan lebih segar serta sistem animasi yang inovatif.

Untuk pasar Indonesia, Redmi 9C hadir dalam kombinasi varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB yang dibanderol dengan harga Rp1.499.000. Dan varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB yang ditawarkan dengan harga Rp1.699.000. Dengan masa garansi selama 24 bulan, harga keduanya lebih murah Rp100.000 selama masa perkenalan yang berlaku mulai 15 September 2020.