Find Us On Social Media :

uClass, Fitur Baru dari Umma yang Permudah Pengguna Belajar Ilmu Agama

By Rafki Fachrizal, Rabu, 9 September 2020 | 16:45 WIB

Ilustrasi Fitur uClass di Aplikasi Umma

Aplikasi komunitas dan gaya hidup Muslim, Umma, meluncurkan fitur baru bernama uClass.

Ini merupakan fitur e-learning Muslim pertama di Indonesia yang hadir memudahkan para pengguna aplikasi Umma untuk belajar ilmu agama.

Indra Wiralaksmana selaku CEO dan Co-Founder Umma, menjelaskan, “Dengan uClass, kami percaya bisa membantu masyarakat jadi Muslim yang lebih baik dan produktif. Masyarakat kini memiliki kebutuhan religi yang semakin meningkat. Melalui uClass, umat Islam bisa belajar mulai dari membaca Al-Qur’an hingga beragam topik lainnya.”

Dilanjutkan Indra, fitur uClass dibangun dengan konsep seamless learning experience. Setap pemateri bisa mengatur classroom, mengunggah materi kelas dan video serta tugas-tugas untuk peserta, melakukan live streaming, hingga membuat forum dan berdiskusi dengan peserta.

“Dikurasi dan disusun Umma bersama pemateri, kurikulum uClass diatur bertahap dan terstruktur sesuai tingkat pembelajaran pengguna,” tutur Indra.

Saat ini, salah satu materi unggulan yang ada di uClass adalah belajar BBQ (Belajar Baca Qur’an) untuk orang dewasa dan anak-anak.

Kelas BBQ di uClass sendiri kurikulumnya disusun secara sistematis dan dibagi menjadi beberapa jenjang yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman pengguna.

Baca Juga: Aplikasi Duha Syariah Tawarkan Pembiayaan Online dengan Bebas Riba

“Fitur Al-Qur’an di Umma tersedia gratis dan tanpa iklan. Kami berharap dengan adanya kurikulum yang sistematis di uClass, lebih banyak umat Muslim bisa belajar Al-Qur’an dengan mudah tanpa harus meninggalkan rumah ataupun pergi ke tempat lain khususnya di masa pandemi ini. Selain itu, harapannya dengan uClass, peserta tidak hanya belajar membaca Qur’an, tetapi juga memahami makna dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Indra.

Selain belajar baca Qur’an, uClass juga memiliki beragam kelas lainnya. Saat ini kelas-kelas di uClass diisi oleh lebih dari 100 Ustaz serta pemateri lainnya.

Ke depannya, Umma juga akan terus menggandeng berbagai Ustaz, institusi, komunitas dan narasumber ahli untuk mengisi beragam topik di fitur tersebit.

Lebih lanjut, untuk bergabung di uClass atau mengakses berbagai fitur Umma lainnya, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Umma yang tersedia di Google Play Store dan di Apple App Store.

Selain dapat diakses secara gratis, fitur ini juga tersedia dalam bentuk kelas berbayar. Untuk kelas berbayar, dibanderol biaya mulai dari Rp30 ribu hingga Rp300 ribu per kelas atau per program pembelajaran.

Hingga saat ini, tercatat uClass telah diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta selama satu bulan terakhir berjalan.

Baca Juga: IM3 Hadirkan Paket Internet Murah untuk Belajar Online, 30GB Hanya Rp1