Find Us On Social Media :

Nutanix Clusters Kini Hadirkan Pengalaman Hybrid Cloud di Azure

By Liana Threestayanti, Rabu, 9 September 2020 | 17:30 WIB

Ilustrasi Nutanix Clusters on Azure

Nutanix Clusters akan tersedia di Azure, menyusul kemitraan Nutanix dengan Microsoft untuk menghadirkan solusi dan pengalaman hybrid cloud di lingkungan on-premise maupun di public cloud Azure. Pengumuman ini disampaikan di ajang .NEXT Digital 2020.

“Kemitraan Microsoft dan Nutanix ini menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan lingkungan hybrid dan multicloud yang sejati dan terpadu,” kata Tarkan Maner, Chief Commercial Officer, Nutanix.

Tarkan Maner menambahkan bahwa pelanggan mencari solusi yang tepat dan sederhana dalam meningkatkan inisiatif cloud mereka. “Kemitraan ini membantu kami menghadirkan software stack tunggal di public dan private cloud, yang meningkatkan agility, menyederhanakan operasional, dan menghemat biaya secara signifikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Scott Guthrie, Executive Vice President, Cloud dan AI, Microsoft Corporation mengatakan, “Banyak perusahaan menghadapi kerumitan saat mengelola lingkungan hybrid cloud di private dan public cloud. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Nutanix untuk memberikan fleksibilitas dan pengalaman yang seamless kepada pelanggan melalui solusi Nutanix dan Azure hybrid.”

Baca juga: Infrastruktur Hybrid Cloud Nutanix Kini Tersedia di AWS untuk Pelanggan Indonesia

Melalui kemitraan ini, Nutanix dan Microsoft mempersembahkan:

Nutanix Clusters on Azure

Microsoft dan Nutanix akan fokus pada perluasans infrastruktur hybrid cloud Nutanix ke Azure. Dan kolaborasi ini akan mencakup pengembangan node yang Nutanix-ready di Azure untuk mendukung Nutanix Clusters dan berbagai layanannya.

Para pelanggan yang menjalankan workload pada Nutanix Cluster di Azure akan mendapatkan manfaat dari Azure Hybrid Benefit serta perpanjangan security update, sehingga keamanan dan efisiensi akan meningkat. Pelanggan juga akan dapat mengimplementasikan dan mengelola Azure instances dari user interface manajemen Nutanix. Hal ini akan memberikan pengalaman, tooling, dan praktik operasional yang konsisten.

Dan manfaat terpenting bagi pelanggan adalah pelanggan akan dapat menjalankan workload hybrid di private dan public cloud tanpa perlu merancang ulang aplikasi. Dengan solusi ini, pelanggan akan memperoleh fleksibilitas dalam memilih cloud yang tepat untuk tiap beban kerja, tanpa tantangan operasional dan teknis dalam mengelola berbagai lingkungan. Pelanggan pun akan menikmati penghematan biaya yang signifikan.

Procurement dan Support Tanpa Kendala

Microsoft dan Nutanix akan bekerja sama untuk menawarkan pengalaman sales dan support yang tanpa kendala kepada pelanggan. Pelanggan Microsoft Azure akan dapat menggunakan kredit Azure yang sudah ada, sebagai bagian dari Microsoft Azure Consumption Commitment (MACC), untuk membeli software Nutanix. Sebaliknya, pelanggan Nutanix akan dapat memindahkan lisensi jangka panjang mereka ke Nutanix Clusters di Azure atau menggunakan software Nutanix secara on-demand melalui Azure Marketplace, sehingga tak ada friksi antara private dan public cloud di dalam Azure. Selain itu, untuk memberikan pengalaman hybrid sepenuhnya di segala aspek, Nutanix dan Microsoft Azure sama-sama akan memberikan customer support.

Integrasi dengan Azure Arc

Nutanix dan Microsoft juga akan mendukung pengelolaan server, container, dan layanan data di Nutanix HCI, secara on-premise atau di Azure, melalui control plane Azure Arc. Dengan integrasi ini para pelanggan dapat memperluas layanan Azure yang penting ke lingkungan Nutanix yang mereka jalankan, termasuk menjalankan server Azure Arc, container Azure Arc dan layanan data Azure Arc, mengadopsi praktik Azure cloud secara on-premise, dan memperluas keamanan Azure di mana saja.