Find Us On Social Media :

vivo Kembangkan Sensor Kamera Baru, Lebih Banyak Cahaya Masuk

By Adam Rizal, Kamis, 10 September 2020 | 11:30 WIB

Vivo X50 Pro

Kamera adalah salah satu komponen smartphone yang mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir.

vivo mengembangkan sensor gambarnya sendiri yang menggunakan susunan filter warna RGBW dalam setahun terakhir.

vivo mengklaim sensor itu dapat mengumpulkan cahaya 200 persen lebih banyak daripada sensor konvensional yang dilengkapi RGGB.

"Keuntungannya, sensor kamera menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga meningkatkan kualitas tangkapan gambar saat berada dalam situasi low-light," tulis Vivo seperti dilansir GSM Arena.

Bahkan, vivo turut mengklaim bahwa sensor RGBW mampu menangkap cahaya 15 persen lebih banyak dari sensor tipe RYYB (Red-Yellow-Yellow-Blue) di aneka smartphone flagship Huawei, selagi tidak mengalami masalah color cast seperti sensor tersebut.

RGBW sendiri berbeda dari model RGGB Bayer dan Quad Bayer, ataupun RYYB yang sudah ada sebelumnya. "RGBW" merupakan singkatan dari Red, Green, Blue, dan White.

Filter ini menggantikan sub-pixel hijau dengan sub-pixel putih yang mampu menerima cahaya dalam semua gelombang. Jadi, alih-alih Red-Green-Green-Blue seperti biasa, didapatlah Red-Green-Blue-White.

vvo pun mengungkapkan perangkat dengan sensor RGBW baru ini sedang dalam pengembangan dan akan memasuki pasar tahun depan. Bersamaan dengan sensor baru, vivo juga mengumumkan kemitraan dengan National Geographic untuk meluncurkan Vision + Mobile Photography Awards.

Pengguna smartphone global akan dapat mengirimkan foto mereka dan yang terbaik akan mendapatkan penghargaan. vivo dan National Geographic akan segera mengunggah detail tentang kompetisi ini di situs web masing-masing.

Sebelumnya, Sony juga menggunakan filter warna RGBW di beberapa kamera Xperianya untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya, dibandingkan dengan matriks RGB konvensional.

Masalah melekat dengan sensor yang dilengkapi RGBW ini adalah resolusi yang berkurang, namun masalah ini ditangani algoritme pemrosesan modern dengan cukup baik.

Demikian juga dengan Huawei yang menanam sensor serupa di smartphone P8 keluaran 2015. Dulu, sensor tipe RGBW memiliki masalah warna yang tampak pudar, terutama saat keadaan gelap.

vivo kabarnya telah menemukan solusi untuk masalah ini dengan menggunakan algoritme software.

Meski demikian, kualitasnya tentu mesti perlu dibuktikan dengan hasil foto di dunia nyata. Rencananya, sensor RGBW vivo akan mulai hadir di kamera smartphone vivo mulai 2021 mendatang.