Find Us On Social Media :

Sudah Bisa Diunduh, Apa saja Fitur Terbaru Sistem Operasi Android 11?

By Adam Rizal, Kamis, 10 September 2020 | 15:30 WIB

Android 11

Google telah meluncurkan sistem operasi Android 11 ke publik setelah berbulan-bulan melakukan pengujian beta dan memperbarui sistem operasi seluler mulai 8 September 2020.

Pembaruan perangkat lunak tersedia untuk pemilik perangkat Google Pixel (Pixel 2 dan yang lebih baru) serta perangkat dari OnePLus 8, Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro, OPPO Find X2 dan Find X2 Pro, dan realme X50 Pro.

Ada dugaan mungkin perlu beberapa saat bagi pengguna untuk mendapatkan Android 11, jika tidak memiliki salah satu perangkat yang tercantum di atas atau jika perangkat sudah dari setahun lalu.

Untuk memeriksa pembaruan tersedia atau tidak untuk smartphone, pengguna bisa membuka Setting. Di dekat bagian bawah, tap System kemudian pilih Advance. Setelah itu pengguna bisa tap System update.

Saat pengguna mendapatkan notifikasi tentang pembaruan, ketuk tindakan pembaruan atau buka aplikasi Setting.

Di dekat bagian bawah, tap System kemudian pilih Advanced, lalu System update seperti dikutip Pocket Lint.

Ikuti langkah yang ada di layar. Google juga memiliki halaman FAQ dengan detail lebih lanjut tentang cara memperbarui perangkat Android.

Yang baru di android 11 adalah message bubbles dan percakapan prioritas. Saat pengguna menerima pesan melalui aplikasi pesan biasa, pengguna bisa menerima pemberitahuan dalam gelembung muncul mengambang di layar mirip dengan cara kerja Facebook Messanger Chat Heads. Cara memunculkannya adalah cukup tekan lama pemberitahuan pesan dan tap Show in a bubble.

Selain itu, ketika pengguna mendapatkan pesan dari kontak yang sering diajak mengobrol, mereka bisa menekan lama notifikasi dan menandai percakapan tersebut sebagai prioritas.

Hal itu berarti pengguna akan mendapatkan pemberitahuan mereka bahkan saat smartphione dalam keadaan Do Not Distrub.

Menariknya, Android 11 membagi dan mengurutkan pemberitahuan ke dalam grup yang relevan sehingga percakapan muncul di atas, di bagiannya sendiri yang mudah dibaca.

Hal ini membuatnya lebih mudah untuk membalas dengan cepat dan melanjutkan tugas pengguna.

Kemudian yang lain dibagi menjadi pemberitahuan peringatan, yang mana sesuatu mungkin sedang berjalan di latar belakang.

Antarmuka visual notifikasi yang sebenarnya telah diubah dan dikembangkan selama fase pratinjau Android 11. Ada beberapa transparansi dan gradien tambahan lain di pembaruan terbaru.