Find Us On Social Media :

Bantu Digitalisasi Warung Kelontong, Gojek Luncurkan Aplikasi GoToko

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 September 2020 | 13:45 WIB

Ilustrasi Aplikasi GoToko

Gojek hari ini (10/9) resmi meluncurkan GoToko, platform digital B2B (business-to-business) dengan layanan hulu ke hilir.

Menurut perusahaan, platform ini akan mempermudah para pelaku usaha warung kelontong yang selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan dengan produsen barang kemasan ternama.

Singkatnya, platform GoToko yang hadir dalam bentuk aplikasi di smartphone ini dapat dimanfaatkan para pelaku usaha warung untuk berbelanja stok barang secara online.

Gurnoor Singh Dhillon selaku CEO dan Direktur Utama GoToko, mengatakan bahwa dengan GoToko pelaku UMKM juga dapat menghemat biaya dan waktu, karena kemudahan mencari dan memesan berbagai macam produk konsumsi kemasan dari sejumlah merek ternama dengan harga yang kompetitif dan transparan.

“Dengan kemudahan ini, mereka kini dapat lebih memfokuskan perhatian kepada kebutuhan pelanggan sehingga berpeluang meningkatkan pendapatan,” kata Gurnoor.

Saat ini, GoToko menawarkan berbagai macam kategori produk, mulai dari makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan mandi, kecantikan dan kesehatan, hingga kebutuhan bayi dari berbagai produsen.

Lebih lanjut, selain memudahkan dalam pemesanan barang, Gurnoor mengungkapkan GoToko dapat mendorong produktivitas pengusaha warung melalui fitur-fitur unggulan di dalam aplikasinya.

Fitur tersebut seperti pemantauan riwayat pesanan, pelacakan pengiriman barang pesanan, inventory management, akses data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

Baca Juga: Kini Anda Tidak Perlu Ganti Aplikasi Gojek Saat ke Luar Negeri

Selain mendukung pertumbuhan pelaku UMKM, GoToko turut mengundang kolaborasi para produsen barang konsumsi untuk bersama-sama memperluas jangkauan produk agar visibilitas produk yang relevan bagi konsumen warung kelontong dapat semakin meningkat.

Produsen akan memperoleh akses analis pasar (market intelligence) secara real time hingga ke tingkat warung yang mencakup seluruh merek produk.

“Layanan GoToko akan mendukung para produsen dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan dan pemasaran produk yang baru diluncurkan, membuka peluang dalam memanfaatkan saluran pemasaran dan kampanye digital, menjadi saluran riset pasar baru; promosi dan pemasaran yang sesuai dengan sasaran, dan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian saluran general trade,” papar Gurnoor.

Ke depannya, GoToko akan terus menyempurnakan inovasi teknologi untuk dapat membuka pintu bagi pengusaha warung untuk meningkatkan peluang pendapatan tambahan dengan memanfaatkan produk, layanan, dan anggota Gojek lainnya.

Baca Juga: Langganan Spotify Premium Sekarang Bayarnya Bisa Pakai GoPay