Find Us On Social Media :

Pengguna DANA Favoritkan Fitur Bill Payment dan Kirim Uang Saat Wabah

By Cakrawala, Jumat, 11 September 2020 | 23:00 WIB

Ilustrasi DANA

DANA hari ini menyampaikan temuannya sehubungan penggunaan fitur DANA selama wabah COVID-19. Terdapat dua fitur DANA yang diklaim mendapatkan peningkatan signifikan. Keduanya adalah Bill Payment dan Kirim Uang. Wabah COVID-19 memang mengakibatkan penggunaan teknologi digital meningkat drastis. Pasalnya, wabah COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di berbagai daerah sehingga masyarakat beralih ke teknologi digital untuk menjalankan kehidupannya, seperti bekerja dan berbelanja secara daring serta bertransaksi secara nontunai. Sebagai dompet digital, DANA tentunya memungkinkan transaksi secara nontunai yang makin jamak digunakan itu.

“Peningkatan pemanfaatan kedua fitur tersebut menunjukkan makin menguatnya kepercayaan masyarakat terhadap jaminan keamanan bertransaksi dengan dompet digital DANA. Tren tersebut juga menjadi konfirmasi makin menguatnya pengakuan masyarakat terhadap keandalan teknologi digital dalam mengakselerasi berbagai kebutuhan transaksinya secara efisien. Ini menjadi indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial, sekaligus menguatnya budaya nontunai yang makin efisien, kompeten, dan aman di kalangan masyarakat luas,” ujar Vincent Iswara (CEO dan Co-Founder DANA).

Bill Payment membolehkan pengguna DANA untuk membayar kebutuhan rumah tangga, sedangkan Kirim Uang untuk mentransfer uang. Masing-masing fitur tersebut meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan masa sebelum wabah COVID-19. DANA pun menyebutkan keduanya menjadi yang terfavorit. Dengan kata lain, pengguna DANA memfavoritkan Bill Payment dan Kirim Uang selama wabah COVID-19.

Selain itu, DANA juga mencatat pengunaan DANA untuk mendukung transaksi daring adalah lebih dominan dibandingkan untuk mendukung transaksi luring. Menurut DANA, dari seluruh total transaksi menggunakan dompet digital ini, sebanyak 98% adalah transaksi daring. Sementara, sisanya yang 2% adalah menggunakan kode QR.

Saat ini, melalui Bill Payment pengguna DANA dapat melakukan pembayaran berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti internet, TV Kabel, listrik, gas, PAM, dan BPJS. Adapun melalui Kirim Uang, pengguna DANA dapat melakukan transfer uang ke sesama pengguna DANA, ke rekening bank, serta dapat pula mengirimkan uang lewat aplikasi pesan WhatsApp dan LINE.  

Khusus untuk pembayaran, pengguna DANA bisa memilih sumber dana yang beragam. Penggun DANA bisa memilih saldo DANA maupun memanfaatkan kartu kredit dan kartu debit yang telah tersimpan di DANA melalui teknologi Binding Card.

Ke depannya, DANA menegaskan akan terus menghadirkan pengalaman pengguna yang mengutamakan kemudahan, kepraktisan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi. Sebagai platform terbuka, DANA pun telah dan akan terus bersinergi dengan penyedia layanan lain untuk memperluas akses pengguna ke pemenuhan kebutuhan-kebutuhan utama secara digital.