Find Us On Social Media :

Adjust dan Indofun Games: Segmentasi Audiens Tingkatkan Keuntungan

By Cakrawala, Senin, 14 September 2020 | 21:45 WIB

Adjust menyampaikan studinya bersama Indofun Games yang menunjukkan segementasi audiens pada Indofun Games berhasil meningkatkan keuntungan.

Adjust belum lama ini menyampaikan hasil studinya bersama Indofun Games yang merupakan penerbit gim terkemuka di Indonesia. Hasil studi tersebut menunjukkan segementasi audiens pada Indofun Games berhasil meningkatkan nilai konversi secara signifikan dan juga keuntungan. Segmentasi ini dilakukan dengan mengidentifikasi sumber terbaik untuk kampanye performa tinggi. Indofun menganalisis perilaku pengguna yang royal dalam in-app purchase; populer disebut dengan "paus"; pada gim-gim terbitannya, lalu menciptakan audiens yang serupa dengan perkakas Adjust untuk mengakuisisi pengguna baru.

“Wawasan yang sangat mendetail tentang pengguna yang sering berbelanja dan karakteristik mereka membuat para pemasar mengoptimalkan kampanye penambahan pengguna dan menggerakkan ROI secara lebih efektif. Dengan melakukan segmentasi pengguna dan menciptakan audiens yang serupa, Indofun Games dapat mencapai nilai konversi yang lebih tinggi dan mengalokasikan budget mereka lebih efisien,” sebut April Tayson (Director SEA di Adjust). “Bersama Adjust, kami dapat menggunakan budget marketing kami dengan lebih efisien. Kami dapat melihat sumber mana yang memberikan pengguna berkualitas sehingga kami tahu di mana harus berinvestasi kembali, dan kami dapat benar-benar mentargetkan penggunaan dana pada audiens yang kami ciptakan dengan Audience Builder”, ujar Haekhel Fachriady (Digital Marketing Manager di Indofun Games).

Dengan metode yang dilakukannya, Indofun Games mengklaim tidak hanya berhasil meningkatkan nilai konversi sebanyak 30%, melainkan juga meningkatkan jumlah “paus” pada gim mereka sebanyak lima kali lipat. Dengan kata lain, keuntungan Indofun Games meningkat. Adapun perkakas yang dimanfaatkan untuk menciptakan audiens yang serupa adalah Adjust Audience Builder.

Pengeluaran pengguna dari in-app purchase sendiri secara global diperkirakan akan mencapai US$380 miliar pada tahun 2020 ini. Indofun Games pun berfokus pada in-app purchase tersebut untuk sumber pendapatannya.