Find Us On Social Media :

Fintech Modal Rakyat Tembus Penyaluran Rp500 Miliar ke Para UMKM

By Rafki Fachrizal, Senin, 14 September 2020 | 19:35 WIB

Direksi Modal Rakyat

Startup fintech (financial technology) Modal Rakyat mengumumkan pencapaian terbaru perusahaan di mana telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp502 miliar kepada lebih dari 4.000 peminjam yang berasal dari UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Menurut perusahaan, pencapaian tersebut menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi Modal Rakyat yang notabene baru berdiri dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juni 2018.

Selain mengumumkan pencapaian tersebut, Modal Rakyat juga merubah struktur kepemimpinan yang diharapkan menjadi salah satu strategi bagi Modal Rakyat untuk semakin mengembangkan bisnisnya.

Dalam hal ini, Hendoko yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Modal Rakyat memperoleh kesempatan untuk menjabat sebagai Direktur Utama yang sebelumnya diduduki oleh Stanislaus MC Tandelilin. Meninggalkan posisi tersebut, kini Stanislaus menjadi Direktur Modal Rakyat.

“Dengan pencapaian penyaluran Rp500 miliar, Modal Rakyat kini perlu dipimpin oleh Direksi yang memiliki pengalaman mendalam di manajemen risiko kredit seperti Hendoko, agar kualitas portofolio kredit UMKM di Modal Rakyat dapat terjaga. Saya akan senantiasa mendukung beliau terutama dari sisi manajemen pemasaran, keuangan dan relasi eksternal,” ujar Stanislaus.

Baca Juga: Modal Rakyat Gandeng Huawei Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Pendana

Menanggapi peran barunya, Hendoko mengatakan, “Semoga dengan pertukaran posisi ini bisa membawa penyegaran dan membantu platform Modal Rakyat bertumbuh dengan lebih baik.”

Saat ini, susunan direksi Modal Rakyat sendiri terdiri dari Hendoko (Direktur Utama), Christian Hanggra (Direktur/ Chief Technology Officer) dan Stanislaus MC Tandelilin (Direktur). Sedangkan jabatan Komisaris tidak ada perubahan, yakni Wafa Taftazani (Komisaris Utama) dan Hendra (Komisaris).

Selain pergantian direksi, tahun ini Modal Rakyat juga telah memiliki kantor baru tepatnya di Menara Prima (lantai 10) Kuningan, Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

“Perjalanan kami masih panjang. Namun kami akan berupaya terus meningkatkan kualitas baik dari sisi layanan maupun produk. Pencapaian yang saat ini adalah salah satu wujud nyata kontribusi masyarakat dan mitra-mitra kami. Ke depan, kami harapkan semakin banyak peluang kolaborasi dan kerja sama untuk semakin meningkatkan pembiayaan UMKM,” tutup Hendoko.

Baca Juga: Startup Fintech Ayoconnect Raih Pendanaan Pra-Seri B Senilai US$5 Juta