Find Us On Social Media :

Gara-gara Ini Peluncuran Huawei Mate 40 Terancam Molor Tahun Depan

By Adam Rizal, Rabu, 16 September 2020 | 15:30 WIB

Huawei Mate 40

Rencana Huawei meluncurkan flagship Huawei Mate 40 teracam tertunda hingga 2021.

Beredar kabar bahwa penundaan peluncuran Huawei Mate 40 diduga akibat kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang melarang Huawei melakukan bisnis dengan pembuat cipset mana pun yang menggunakan teknologi AS.

Sanksi itu membuat Huawei tak dapat lagi memproduksi cipset kelas atas Kirin miliknya atau membeli cipset dari Qualcomm, MediaTek, Samsung, dan lainnya yang menggunakan teknologi AS.

Huawei pun bertahan diri dan sedang melihat situasi global yang tidak menentu akibat pandemi corona, sembari berharap Mate 40 bisa laris di global.

Huawei Mate 40 sendiri sudah pasti tidak akan dijual di AS dan mungkin tidak mendapat sambutan hangat di India akibat konflik dengan China.

Beberapa negara di Eropa memblokir peralatan 5G Huawei. Hal itu yang menjadi salah satu alasan mengapa Huawei telah mengurangi pesanan komponen untuk smartphone ini 30 persen hingga 40 persen.

Untungnya, tidak ada yang bermasalah dengan smartphone Huawei seperti dikutip Gizchina.

Tahun lalu ponsel Mate 30 diluncurkan di China pada akhir September, diikuti oleh peluncuran terbatas di Eropa pada akhir November.

Kemudian Huawei mulai secara bertahap berekspansi ke negara-negara baru dengan beberapa peluncuran datang paling lambat Januari 2020.

Dilansir dari GSMArena, Huawei akan berhenti kerja sama dengan TSMC untuk memproduksi Kirin. Huawei juga tidak dapat menggunakan layar OLED dari Samsung dan LG.

Di sisi lain, Perusahaan mengklaim telah menyimpan cukup cipset (10 juta unit, dilaporkan) dan juga menggunakan layar buatan BOE.

Meski demikian, komponen itu diprediksi hanya bertahan beberapa bulan saja. namun persediaan tersebut mungkin hanya cukup untuk pasar lokal China.