Find Us On Social Media :

TikTok Apresiasi Kreator Lewat Kampanye Sama-sama dari TikTok

By Indah PM, Sabtu, 19 September 2020 | 09:00 WIB

Rayakan ulang tahun ketiga di Indonesia, TikTok apresiasi kreator lewat kampanye sama-sama dari TikTok.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-3 di Indonesia, platform video singkat TikTok meluncurkan kampanye #SamaSamaDariTikTok, sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator, pelaku industri dan penikmat TikTok selama ini.

"Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi COVID-19 ini," kata Angga Anugrah Putra (Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia).

#SamaSamaDariTikTok merupakan sebuah kampanye untuk merayakan tren yang berawal dari TikTok. Mulai dari kesuksesan para kreator TikTok yang karyanya sudah dikenal banyak orang melalui konten mereka di TikTok, tren hashtag challenge yang menginspirasi, sampai musik dari Indonesia yang makin dikenal di dunia.

Dari segmen musik, fitur #duetdirumah di TikTok memungkinkan kreator untuk saling berkolaborasi menciptakan kreativitas baru bersama para pengguna TikTok lainnya.

Banyak musisi seperti Yura Yunita, Francis Karel, sampai NIKI yang menggunakan fitur ini. Tak hanya untuk bernyanyi, musisi juga memanfaatkan fitur #balaskomentar untuk saling berbalas komentar atau konten.

Selain itu, Angga mengatakan banyak musik dan video klip yang menjadi viral, termasuk lagu Indonesia seperti "Lathi" yang akhirnya berevolusi menjadi sebuah challenge.

Pengamat musik, Adib Hidayat, menilai dengan makin eratnya dunia digital dalam kehidupan, maka fitur musik di aplikasi TikTok bisa menjadi medium baru bagi para musisi lintas generasi dalam negeri untuk mempromosikan lagunya. Interaksi yang muncul antara lagu tersebut juga dapat menumbuhkan rasa keterikatan dengan lagu tersebut, yang akhirnya membuat musik tersebut mudah diingat dan terkenal.

Pada kesempatan yang sama, Fandhy Thesia (Marketing Manager, TikTok Indonesia) menyebut, TikTok intinya membuat orang menyalurkan energi mereka supaya berbuat kreatif di rumah, khususnya selama masa pandemi ini. 

"Kami berharap ke depannya, TikTok tidak hanya tetap menjadi wadah yang menginspirasi tetapi juga menciptakan tren tidak hanya di Indonesia tetapi juga mencapai benua lain," pungkas Fandhy.