Find Us On Social Media :

Serangan APT Meningkat, Server dan Sistem Berbasis Linux Jadi Sasaran

By Liana Threestayanti, Rabu, 23 September 2020 | 21:00 WIB

Ilustrasi Malware

Banyak organisasi di banyak negara memilih Linux sebagai fondasi bagi server dan sistem yang bersifat strategis. Fakta ini memancing aktor APT untuk membuat malware yang membidik sistem operasi ini.

Banyak organisasi memilih Linux, paling tidak karena sistem operasi ini dianggap lebih aman dan tidak terlalu rentan terhadap ancaman siber dibandingkan sistem operasi Windows yang jauh lebih populer. Memang alasan itu terkait kasus serangan malware massal, tapi, tidak demikian dalam kasus Advanced Persistent Threat (APT).

Para peneliti Kaspersky juga mengidentifikasi tren di mana semakin banyak aktor ancaman melakukan serangan yang khusus membidik perangkat berbasis Linux selagi mereka juga mengembangkan lebih banyak tools yang berfokus pada Linux.

Selama delapan tahun terakhir, lebih dari selusin aktor APT yang diamati telah menggunakan malware Linux atau beberapa modul berbasis Linux. Di antara threat group yang memanfaatkan kelemahan Linux adalah Barium, Sofacy, Lamberts, dan Equation. Ada pula kampanye terbaru seperti, LightSpy oleh TwoSail Junk dan WellMess. Arsenal yang lebih beragam dengan tool Linux, memungkinkan para aktor ancaman ini melakukan operasi secara lebih efektif dengan jangkauan lebih luas.

Kaspersky melihat tren yang cukup signifikan di banyak negara di mana perusahan besar dan kantor pemerintahan yang menggunakan Linux sebagai lingkungan desktop-nga. Hal ini mendorong para aktor ancaman untuk mengembangkan malware yang menyasar  platform ini. Dan adanya mitos yang menyatakan bahwa Linux adalah sistem operasi yang kurang populer dan tidak berpotensi menjadi sasaran malware justru mengundang risiko keamanan siber. 

Meskipun serangan yang menyasar sistem berbasis Linux masih terbilang jarang terjadi, ada malware yang dirancang khusus untuk Linux, seperti webshell, backdoors, rootkit, dan bahkan eksploitasi yang diciptakan secara khusus. 

Selain itu, sejumlah kecil serangan yang dianggap sebagai serangan yang sukses membahayakan server Linux sering kali mengakibatkan konsekuensi signifikan. Para penjahat maya ini  tidak saja. Isa mengakses perangkat yang terinfeksi tapi juga bisa menyerang  perangkat endpoint berbasis Windows atau macOS, sehingga penyerang memperoleh akses lebih luas, tanpa terdeteksi.

Turla, kelompok APT yang menggunakan bahasa Rusia inj terkenal karena taktik eksfiltrasi terselubungnya. Mereka telah mengubah perangkatnya secara signifikan selama bertahun-tahun, termasuk penggunaan backdoor Linux. Modifikasi baru dari backdoor Penguin_x64 Linux, yang dilaporkan awal tahun 2020, menurut telemetri Kaspersky telah menginfeksi banyak server di Eropa dan Amerika Serikat, baru-baru ini pada Juli 2020.

Contoh lainnya adalah Lazarus, grup APT berbahasa Korea, yang terus mendiversifikasi perangkatnya dan mengembangkan malware non-Windows. Kaspersky baru-baru ini melaporkan kerangka kerja multi-platform yang disebut MATA. Pada Juni 2020, para peneliti menganalisis sampel baru yang berhubungan dengan kampanye Lazarus 'Operation AppleJeus' dan 'TangoDaiwbo', yang digunakan dalam serangan finansial dan spionase. Salah satu sampel yang dipelajari termasuk malware Linux.

“Tren pengembangan perangkat APT telah diidentifikasi oleh para ahli kami secara terus menerus di masa lalu, dan tidak terkecuali alat yang berfokus pada Linux. Dengan tujuan untuk mengamankan sistem mereka, departemen TI dan keamanan lebih sering menggunakan Linux secara umum. Hal ini tentunya direspon oleh para aktor ancaman dengan cara menciptakan alat-alat canggih yang mampu menembus sistem tersebut. Kami menyarankan para pakar keamanan siber untuk mewaspadai dan memantau tren ini, serta menerapkan tindakan tambahan demi melindungi server dan workstation mereka," komentar Yury Namestnikov, head of Kaspersky’s Global Research and Analysis Team (GReAT) Kaspersky Rusia.

Untuk menghindari menjadi korban serangan yang ditargetkan pada Linux oleh para aktor ancaman, peneliti Kaspersky merekomendasikan untuk menerapkan langkah-langkah berikut: