Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Ensemble Graphics Toolkit untuk Pengembangan GUI

By Cakrawala, Rabu, 23 September 2020 | 23:45 WIB

Ilustrasi pemanfaatan Ensemble Graphics Toolkit yang berhasil menghadirkan GUI yang kaya.

Microchip baru saja mengumumkan Ensemble Graphics Toolkit yang ditujukan untuk pengembangan GUI (graphical user interface) dari lini MPU (mikroprosesor) 32 bit-nya yang menjalankan Linux. Microchip menilai bahwa GUI yang didesain dengan baik akan memungkinkan pengguna untuk memproses informasi lebih cepat dan beriteraksi lebih efektif dengan suatu produk. Dengan Ensemble Graphics Toolkit, Microchip meyakini desainer bisa lebih cepat mengembangkan GUI dari lini MPU 32 bit Microchip. Tak hanya itu, dengan Ensemble Graphics Toolkit, GUI yang dihasilkan pun bisa lebih baik. Microchip menawarkan Ensemble Graphics Toolkit ini tanpa biaya serta tanpa perlu membayar lisensi dan royalti.

“Di saat perangkat lain memerlukan mikroprosesor yang berperforma lebih tinggi, menggunakan daya lebih besar, dan lebih mahal, seperangkat perkakas pengembangan tanpa biaya ini merupakan suatu enabler yang mengoptimalkan daya pemrosesan,” ujar Rod Drake (Vice President of MPU32 Business Unit di Microchip). “Para pengembang dapat memperoleh antarmuka pengguna grafis modern dengan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan biaya bill of material yang lebih rendah, konsumsi energi yang lebih hemat, dan solusi yang tahan lama, sembari memberikan suatu tampilan kelas atas,” sebut Rod Drake lagi.

Ensemble Graphics Toolkit dari Microchip adalah kit atau seperangkat perkakas pengembangan GUI C++ untuk Microchip seri SAMA5 dan Microchip seri SAM9. Microchip seri SAMA5 mengunakan Arm Cortex-A5, sedangkan Microchip seri SAM9 memanfaatkan ARM926EJ-S. Keduanya merupakan mikroprosesor yang hemat energi. Berhubung dioptimalkan untuk lini MPU 32 bit dari Microchip tersebut, Ensemble Graphics Toolkit bisa memanfaatkan dengan baik akselerasi yang ditawarkan oleh aneka perangkat keras yang hadir pada MPU 32 bit bersangkutan.

Perangkat keras yang dimaksud mencakup pengendali grafis (graphics controller) dan dekoder video, tentunya apabila tersedia. Dengan memanfaatkan dengan baik pengendali grafis dan dekoder video maupun perangkat keras lainnya, Ensemble Graphics Toolkit dari Microchip ini bisa memberikan GUI yang kaya dan berkinerja tinggi untuk ditampilkan pada displai sampai resolusi 1.024 × 768 piksel.

Selain itu, Ensemble Graphics Toolkit juga memungkinkan penggunaan memori yang lebih hemat. Begitu pula dengan kemampuan untuk dioptimalkan untuk cold boot yang cepat. Microchip mengklaim Ensemble Graphics Toolkit dan Linux yang dioptimalkan untuk cold boot yang cepat bisa menawarkan waktu boot yang kurang dari tiga detik ketika melakukan cold boot.