Dompet Digital Indonesia DANA menghadirkan fitur User Rating Review yang ditujukan membantu perkembangan dunia usaha.
Pengembangan fitur baru ini merupakan wujud komitmen DANA untuk membantu pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya. Fitur ini juga dapat menjadi sarana interaksi pengguna dalam berbagi referensi dan dukungan terhadap pelaku usaha di Tanah Air.
Fitur User Rating Review dapat diakses pengguna DANA seusai bertransaksi di merchant offline. Setelah 15 sampai 20 menit menyelesaikan transaksi, pengguna akan mendapat notifikasi untuk mengisi formulir ulasan.
Fitur ini juga dapat digunakan ketika pengguna kembali menggunakan aplikasi DANA. Caranya, pengguna cukup masuk ke dalam halaman utama, lalu menuju fitur Nearby, dan menyentuh Detail Page untuk mengisi ulasan.
Jika formulir ulasan dalam Homepage dihilangkan, pengguna tetap bisa mengakses fitur ini sewaktu-waktu lewat fitur Nearby dan Detail Page. Pengguna dapat memberikan peringkat dan ulasannya maksimal tujuh hari setelah transaksi. Lewat dari waktu tersebut, pengguna harus melakukan transaksi terlebih dulu untuk memanfaatkan fitur ini.
Apa saja yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur ini? Pengguna dapat memberikan penilaian bintang 1-5; menambahkan tagar positif, negatif dan kategori lain yang tersedia; menulis ulasan; mengunggah foto; dan membagikan ulasan maupun pengalamannya di Feed.
Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA menjelaskan bahwa User Rating Review merupakan fitur berbasis user generated content (UGC) yang artinya seluruh konten baik teks maupun gambar dibuat oleh pengguna. Dengan fitur ini, pengguna DANA kini bisa memberikan penilaian (rating), ulasan (review) maupun mengunggah foto-foto dari pengalamannya berbelanja di merchant-merchant mitra DANA, khususnya merchant offline.
“Sebagai bagian dari komitmen DANA untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional, DANA terus berinovasi dan menghadirkan inisiatif yang bisa mendukung tumbuh kembangnya pelaku usaha di Tanah Air. Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa adanya aplikasi maupun fitur berbasis UGC dapat meningkatkan penjualan serta menjadi sarana promosi yang hemat biaya dan efisien. Kami berharap, fitur User Rating Review efektif dalam membantu merchant-merchant DANA meningkatkan penjulaan serta kepuasan pelanggannya,” kata Vince.
Menurut Vince, faktor utama yang menyebabkan aplikasi UGC merupakan alat promosi yang efisien adalah sifatnya yang autentik. Penilaian, ulasan, maupun testimoni dari pengguna dipercaya sebagai opini yang lebih jujur dibandingkan konten yang disuguhkan oleh perusahaan maupun pemilik brand.
“Konten UGC seperti ulasan maupun testimoni dari pengguna, baik itu positif maupun negatif, memiliki kekuatan yang lebih dalam memengaruhi keputusan orang untuk berbelanja ketimbang iklan maupun promosi yang dibuat oleh perusahaan. Bahkan, ulasan yang bersifat kritik pun dapat menjadi masukan yang berguna bagi pelaku usaha,” kata Vince.
Selain memberikan masukan bagi pelaku usaha, fitur User Rating Review juga bertujuan untuk meningkatkan keterikatan (engagement) antara merchant dengan pengguna DANA sebagai pelanggannya. Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna DANA merasa lebih terlibat karena dapat memberikan penilaian, masukan dan ulasan maupun membagikan pengalaman dan dukungannya terhadap merchant.
“Fitur ini merupakan upaya kami untuk lebih melibatkan dan mendengar aspirasi pengguna DANA sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan dan personal, yang pada akhirnya bisa meningkatkan loyalitas dan kepuasan pengguna DANA terhadap kualitas layanan yang