Find Us On Social Media :

Empat Strategi Pemerintah RI Percepat Transformasi Digital Nasional

By Adam Rizal, Selasa, 29 September 2020 | 16:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki empat pendekatan untuk merespon arahan Presiden Joko Widodo soal lima fokus utama dalam agenda percepatan transformasi digital nasional.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan langkah pertama yang diambil ialah penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata dan berkualitas di seluruh penjuru tanah air.

Kedua, tentang pengembangan dan adopsi teknologi baru untuk membangun ekosistem digital yang terintegrasi dan aman.

“Saat ini masyarakat di seluruh pelosok tanah air, khususnya di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia (3T) berharap dan mendambakan deployment internet, tersedianya wifi dengan kecepatan yang memadai, untuk menghantar mereka untuk secara bersama-sama bergerak menuju transformasi digital,” paparnya dalam acara Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75.

Baca Juga: Kominfo Blokir Ribuan Konten Hoaks Covid-19

Kemudian langkah ketiga, sangat penting untuk diambil ialah soal pengembangan SDM atau talenta digital dengan jumlah dan kualitas yang memadai dan berkelanjutan; serta keempat penuntasan legislasi primer bidang telekomunikasi, informatika, dan pelindungan data pribadi yang diikuti penguatan kolaborasi internasional di bidang ekonomi digital dan arus data lintas negara.

“Saat ini proses politik dalam menyelesaikan payung hukum legislasi primer yang penting sedang berlangsung, Kami berharap proses politik antara pemerintah dan DPR berjalan lancar, sehingga ruang kosong yang melindungi hak kewajiban serta tugas dan tanggung jawab seluruh eksosistem bernegara kita bisa mendapat kepastian dan kekuatan hukum yang memadai,” jelas Johnny.

Menurutnya kini berbagai kebijakan dan agenda nasional tersebut membutuhkan peran dan dukungan yang luar biasa dari seluruh pihak.

“Kunci dalam pelaksanaan tranformasi digital Indonesia Towards Digital Nations ialah sinergi. Dan kolaborasi antara pemerintah dengan seluruh pihak pun juga berperan signifikan dalam upaya perwujudannya,” tandasnya.

Baca Juga: Strategi Kominfo Amankan Ruang Digital Saat Pilkada Tahun 2020