Find Us On Social Media :

Hands-On vivo V20: Desain dan Kamera Masih Jadi Andalan Utama

By Dayu Akbar, Selasa, 29 September 2020 | 16:13 WIB

vivo Indonesia secara resmi telah meluncurkan dua smartphone terbarunya yaitu vivo V20 dan vivo V20 SE. vivo V20 ditawarkan dengan harga Rp4.999.000 dan vivo V20 SE dengan harga Rp3.999.000. Dan kali ini kami akan melakukan unboxing dari salah satu seri tersebut yaitu vivo V20.Paket penjualan V20 hadir dalam kotak dengan dominasi warna biru tua dengan tulisan besar V20. Dalam kotaknya juga terlihat cukup menarik dengan dominasi warna sama yang didalamnya sudah terdapat unit smartphone, adapter yang support 33 watt, kabel USB type-C, earphone, jelly case transparan, SIM ejector, manual, serta stiker IMEI.

Unit V20 yang kami terima memiliki warna bodi Sunset Melody yang memiliki warna dasar ungu. Menurut kami, ini jadi salah satu daya jual vivo V20 yang memiliki tampilan keren. Menariknya, warna Sunset Melody ini akan berganti ke warna merah muda ketika bodi dimiringkan. Warna ini memang jadi terlihat lebih keren dan pas bagi generasi muda. Lapisan dari kaca ini terasa licin dan sedikit kesat dan memiliki lapisan yang tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Meski saat ini sudah banyak yang mengadopsi hingga empat kamera belakang, vivo V20 hanya menyematkan tiga saja. Hal ini dirasa sudah mencukupi karena dalam satu lensa sudah digabungkan beberapa fungsi. Ini terlihat pada kamera 8 MP yang memiliki fungsi untuk mode wide-angle, macro, dan depth camera. Sedangka dua kamera lainnya yaitu punya resolusi 64MP sebagai kamera utama dan 2MP untuk mono camera.

Secara fisik, tiga kamera ini tersusun dalam satu frame berbentuk kotak yang agak timbul dengan dibawahnya sudah disertakan dua lampu kilat. Posisi frame ini ditempatkan di sisi kiri atas. Sebagai hiasan lain terdapat tulisan vivo dengan posisi menyamping di sisi kiri bawah. Beralih ke tiap sisi, bagian bawah ada jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB type-C, dan speaker. Di sisi kanan ada tombol Volume dan Power, untuk sisi kiri ada slot untuk kartu yang mendukung hingga dua kartu SIM dan satu kartu micro SD. Bagian layar, V20 mengusung desain kamera depan berupa desain waterdrop. vivo memberi alasan bahwa desain ini akan membuat viewing experince akan lebih lebar sehingga “speed ratio” nya akan lebih tinggi di atas 90,37%. Jika menggunakan desain punch hole, vivo menyebutkan bahwa ini akan mengurangi viewing experience jadi di bawah 90%.

Dengan ukuran 6,44 inci, layarnya punya screen-to-body ratio sebesar 90,37%.  Punya resolusinya adalah 2400 x 1080 (FHD+), layarnya sudah terlindung dengan Gorilla Glass 5, meski demikian pada pakt penjualannya layar ini masih ditambah dengan screen protector. Berbekal panel AMOLED, vivo menyematkan sensor fingerprint di dalam layar. Fitur menarik lain yang kami temui adalah hadirnya NFC. Tidak hanya memiliki fungsi seperti bertukar file atapun check-up dan top-up balance saja, NFC disini sudah dilengkapi pula dengan fungsi yang berguna sebagai access tambahan, misalnya untuk akses masuk ke apartemen dan absen di kantor.  

vivo V20 dipersenjatai dengan Snapdragon 720G, RAM 8GB, ROM 128GB, dan baterai dengan kapasitas 4000mAh yang mendukung pengisian baterai cepat 33 watt dengan 8 fitur keamanan. vivo V20 ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Funtouch OS 11 berbasis Android 10.Untuk penjualannya, vivo membuka Pre-Order mulai 29 September - 6 Oktober 2020 melalui kanal online dengan mengunjungi vivo Official Online Store di Lazada. Pada kanal offline,vivo V20 secara eksklusif bisa didapat melalui vivo official store dan retail partner vivo.