Find Us On Social Media :

TCL 'Hibur' Pemirsa Indonesia Lewat TV Pintar Android Seri A10

By Indah PM, Rabu, 30 September 2020 | 11:45 WIB

TCL memperkenalkan TV pintar berbasis Android seri A10 untuk pasar Indonesia.

TCL, vendor elektronik dan peralatan rumah tangga yang bermarkas di Guangdong, China, mengumumkan peluncuran seri TV Android terbaru TCL A10 untuk Indonesia.

TCL mengklaim, sejumlah fitur juga disematkan demi menemani kebutuhan konsumen saat beraktivitas di rumah saja selama pandemi Covid-19.

“TV Android TCL terus menghadirkan fitur-fitur canggih yang diinginkan pengguna untuk memperkaya pengalaman menikmati hiburan tanpa beranjak dari ruangan bersantai mereka,” kata Peter Chen (Sales and Marketing Director, TCL Indonesia).

TCL meluncurkan seri terbaru TV Android-nya seiring dengan momentum yang tercipta di tengah pandemi Covid-19, yang memaksa setiap orang untuk beraktivitas selayaknya normal namun tanpa beranjak dari tempat tinggalnya. 

Riset McKinsey & Company mencatat adanya pergeseran kecenderungan konsumen untuk mengambil bagian dalam berbagai aktivitas di rumah, khususnya terjadi peningkatan sebesar 30-40% pada aktivitas yang berkaitan dengan hiburan di rumah.

Pandemi Covid-19 pun telah menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen, termasuk dalam hal mengkonsumsi media.

Badan riset Nielsen TAM mencatat adanya peningkatan viewership hingga 1 juta penonton pada 11 Maret silam, serta rata-rata durasi menonton hingga 5 jam 29 menit yang diamati sampai 18 Maret 2020 di 11 kota di Indonesia.

Keberadaan TV pintar memiliki keunggulan tersendiri, di mana pengguna tak hanya bisa menikmati siaran konvensional, namun juga konten serta hiburan yang biasanya dinikmati melalui layar smartphone Android. Pengguna pun dimungkinkan untuk mengedit tulisan ataupun presentasi lewat proyeksi dari laptop menggunakan konektivitas HDMI yang tersedia.

TV pintar TCL membenamkan sistem operasi Android 9.0, lengkap dengan asisten virtualnya (Google Assistant), hingga aplikasi bawaan Netflix, iFlix, serta Youtube.

Ada dua varian ukuran yang diluncurkan untuk seri A10 ini, yakni 50 inci dan 43 inci. Untuk seri A10 50 inci, mengusung layar 4K UHD dengan teknologi High Dynamic Range (HDR) 10, serta kemampuan upscaling 4K Creative Pro yang menawarkan gambar 4 kali lipat lebih tajam dari resolusi Full HD biasa.

TCL juga menyematkan fitur micro dimming agar pengguna dapat menyesuaikan kecerahan dan kegelapan secara terpisah, dilengkapi dengan fitur Rich Color Expansion milik TCL untuk mengoptimalkan kecerahan warna.

Dari sisi kualitas audio, TCL A10 terbaru telah didukung Dolby Audio sehingga menghasilkan suara jernih dan terdengar nyata. Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth Audio yang dapat menghubungan suara dari televisi dengan perangkat headset atau speaker Bluetooth tanpa menggunakan kabel. Ada pula fitur Hands-Free Voice Control yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengakses televisi langsung melalui perintah suara tanpa harus menggunakan remote control.

TV pintar TCL seri A10 50 inci tersedia secara eksklusif di JD.ID mulai 28 September 2020, dengan kisaran harga Rp5.099.000, lengkap dengan garansi 3 tahun untuk panel layar dan 1 tahun untuk suku cadang lainnya.